Mengenal Daun Pembungkus Makanan

Mengenal Daun Pembungkus Makanan

Makanan Indonesia cukup banyak yang menggunakan daun sebagai pembungkus. Fungsi daun tersebut sebenarnya tak sekedar sebagai pembungkus, tapi juga sebagai pemberi  aroma dan warna pada makanan yang dibungkusnya. Beruntunglah Indonesia yang sangat kaya dengan aneka tanaman sehingga jenis daun pembungkus makanan pun jadi bervariasi. Daun-daunan ini sangat mudah kering, jika ingin menyimpannya, bungkus dengan kertas tisu dapur yang sudah dilembabkan, kemudian simpan di bagian laci sayuran dalam lemari pendingin.

Daun Pisang

Paling sering digunakan, karena mudah didapat dan luwes untuk membungkus makanan. Selain digunakan langsung sebagai alas pembungkus makanan, daun pisang juga digunakan untuk membungkus pepes, lontong atau nasi bakar yang akan dimasak lebih lanjut. Aroma harum daun pisang akan menambah kelezatannya.  

Daun pisang tua berwarna hijau tua lebih sering dipakai karena lebih kokoh dan lebih muda ditemukan. Daun pisang muda yang berwarna hijau muda biasa dipakai untuk membungkus kue-kue seperti timpan atau nagasari. Jenis daun pisang batu paling umum digunakan sebagai pembungkus. Selain memberi aroma, daun pisang batu juga memberikan semburat warna hijau pada makanan yang dibungkus.

Supaya daun pisang lentur untuk dilipat, panaskan permukaan daun di atas api kecil secara cepat sambil digerakkan hingga seluruh permukaannya terkena panas.

Daun Kelapa

Populer dengan nama janur. Lembaran daunnya panjang seperti pita dan berwarna hijau kekuningan. Biasa digunakan untuk membuat ketupat dan membungkus kue clorot. Dipakai  daun yang masih muda, karena lebih lentur dan mudah untuk dibentuk.

Daun Jati

Daun dari pohon jati ini dahulu digunakan sebagai pembungkus makanan berkat, lalu diikat dengan tali bambu. Saat ini daun jati masih sering digunakan untuk membungkus nasi jamblang khas Cirebon dan pembungkus tempe. Gunakan daun jati muda, karena lebih lentur dan tidak mudah sobek.

Daun Bambu

Daun dari pohon bambu seringkali dipakai untuk membungkus bacang. Daun direbus lebih dulu untuk melayukan daun dan bulu-bulu halus pada permukaan daun. Daun yang sudah layu jadi lebih lentur untuk dilipat.

Daun Jambu Biji

Memberi warna hijau alami dan rasa khas pada tapai dari ketan putih, khas daerah Kuningan, Jawa Barat. Pilih daun jambu yang sudah tua dan segera pakai setelah dipetik untuk memberi warna hijau yang lebih maksimal.

Daun Pandan

Ada dua jenis ukuran daun pandan, besar dan kecil. Sebagai pembungkus, sebaiknya gunakan daun pandan dengan ukuran besar. Aromanya yang khas akan tertular pada makanan yang dibungkus. Contohnya adalah kue lampu-lampu dari Sulawesi.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.