Teman Santap Ketupat Lebaran

Teman Santap Ketupat Lebaran

Lebaran merupakan momen istimewa yang ditunggu-tunggu semua umat muslim. Setelah genap satu bulan berpuasa, hari kemenangan pun disambut dengan penuh suka cita. Berkumpul bersama keluarga besar untuk bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan adalah agenda utama. Namun, menikmati sajian Lebaran tentunya tak kalah dinanti. Setiap daerah memiliki menu andalan Lebaran, dengan cita rasa kampung halaman yang selalu dirindu. Selain opor dan rendang, berikut hidangan Lebaran dari beberapa daerah di Indonesia.

KETUPAT KANDANGAN

Sajian khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ini berupa ketupat yang disantap dengan sepotong ikan haruan (ikan gabus) asap dan bersiram kuah santan kental berbumbu  aneka rempah seperti kayu manis, pala, cengkih, kapulaga, kemiri dan serai, yang berwarna putih keruh. Ketupatnya sengaja dibuat bertekstur agak kasar dan mudah hancur/pecah karena cara menyantapnya memang ketupat diremas dengan tangan hingga terpecah seperti nasi, baru disiram kuah santan. Sebagai lauk tambahan, ada telur bebek atau ayam rebus dan sambal goreng.

SOTO BANJAR

Soto khas Kalimantan Selatan ini berbahan dasar daging ayam, beraroma khas dan menggunakan susu  dalam racikannya sehingga warna kuah jadi keputihan. Meski menggunakan susu, kuahnya masih sangat encer dan bercita rasa segar. Bahan isiannya mirip soto pada umumnya, yaitu soun, perkedel dan telur rebus. Disantap bersama ketupat atau lontong sebagai salah satu sajian favorit masyarakat Banjar di saat momen Lebaran.

BEBEK GULAI KURMA

Namanya kurma, tapi tidak ada kurma dalam bahannya. Hidangan ni merupakan salah satu sajian khas Tanah Rencong yang ikut menyemarakkan meja makan saat Lebaran tiba. Gulai kurma ini tidak seperti gulai pada umumnya yang berwarna kuning kemerahan karena menggunakan cabai merah, warnanya justru putih keruh. Rempah yang digunakan cukup banyak, mulai dari kayumanis, kapulaga, pekak, hingga pala. Yang tidak boleh ketinggalan tentu saja daun temurui, atau juga disebut daun kari atau salam koja. Rempah daun inilah yang selalu membuat hidangan Aceh memiliki aroma khas yang menggiurkan.

KUAH LABU

Merupakan salah satu sayur teman ketupat di Aceh. Mirip gulai, menggunakan iga sapi dan labu air. Kuah santan bercita rasa kian gurih berkat tambahan kelapa parut sangrai dalam salah satu bahannya. Dan tentu saja daun salam koja sebagai rempah daun khas. Kuah labu biasa disantap bersama Bebek Gulai Kurma dalam jamuan Lebaran di Aceh.

KELLAPATE

Madura punya sajian khas Lebaran yang unik karena menggunakan ikan sebagai bahan utamanya, bukan daging sapi atau daging ayam seperti pada umumnya. Kellapate dibuat dari ikan tenggiri yang digoreng kemudian dimasak dengan kuah santan. Cita rasanya gurih tapi segar karena ada tambahan irisan cabai merah dan belimbing wuluh dalam salah satu bahannya. Sajian ini disantap bersama ketupat atau lontong.

AYAM GAGAPE

Menu khas Sulawesi Selatan ini memiliki penampilan yang mirip Opor, tetapi kuahnya lebih kental berkat tambahan kelapa parut sangrai. Dalam bahasa Bugis, hidangan ini dikenal juga dengan nama Ayam Likku yang artinya ayam masak lengkuas. Sajian ini menjadi salah satu menu favorit saat Lebaran. Disantap bersama buras, lontongnya orang Makassar, yang dimasak dengan santan.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.