Lebih Tau tentang Kue Sus

Lebih Tau tentang Kue Sus

Kue berbentuk bulat dengan kulit tipis lembut berongga, dan bagian dalamnya berisi vla? Tentu semua tahu, itu adalah kue sus. Kue klasik asal Prancis ini termasuk kelompok pastry. Sebutan bahasa Prancis-nya pâte á choux, atau choux pastry atau choux paste. Choux, dalam bahasa Prancis artinya kol, sesuai bentuknya yang gepeng bulat dan permukaannya  bertekstur garis-garis menyerupai kol. 

Sus, dibuat dengan teknik rebus. Mentega direbus bersama air hingga mencair, lalu ditambah tepung terigu. Adonan diaduk menggunakan spatula hingga kalis dan tidak menempel pada panci. Kemudian diangkat. Tunggu adonan hingga pada suhu hangat, baru masukkan telur satu per satu sambil diaduk. Jika telur dimasukkan saat adonan masih panas, telur akan keburu matang sebelum dipanggang, akibatnya sus tidak akan mengembang. Untuk membentuknya, adonan dimasukkan ke dalam plastik segitiga dengan spuit, dan disemprotkan ke loyang beroles margarin, lalu panggang. Dengan bahan adonan yang sama, Anda bisa membuat beberapa macam sus.


Jenis kue sus dibedakan berdasarkan bentuknya saja. Apa saja jenis kue sus?
  • Profiterole: Jenis sus yang paling kita kenal, bentuknya bulat, lalu diisi vla untuk isian manis, atau ragout untuk isian gurih.
  • Éclair: Bentuknya panjang, isiannya sama dengan profiterole.
  • Croquembouche: Ukuran mini profiteroles disusun menggunung, lalu disatukan oleh karamel pada bagian luarnya yang membentuk seperti jaring-jaring. Seringkali ditambahkan buah-buahan dan almond sebagai hiasan. Karena bentuknya yang menarik dan mewah, kue sus ini biasa ditemui pada acara pesta.


Kulit kue sus juga bisa divariasikan:
  • Celupkan permukaan kue sus ke dalam cokelat leleh berwarna cokelat, atau warna-warni.
  • Taburi permukaan kulit sus dengan gula bubuk saja.
  • Adapula kulit sus yang permukaannya seperti permukaan tanah saat kering, retak-retak. Ini jenis sus asal Jepang yang banyak dijual di toko. Setelah adonan kue disemprotkan ke loyang, permukaannya disemprot dengan kocokan lembut adonan yang terdiri dari mentega, gula bubuk, tepung terigu, dan sedikit air. Lalu dipanggang.


Variasi Isian:
  • Isian manis, dapat berupa campuran susu, maizena, dan kuning telur. Jika ingin isian lebih lembut dan gurih, tambahkan krim kental.
  • Selain diisi vla, tambahkan buah-buahan kaleng untuk memperkaya rasa dan terasa lebih segar. Pilihan buah kalengnya, cocktail, peach, jeruk, leci, anggur, dan lainnya.
  • Isian gurih dibuat dari rogut, yaitu susu dan terigu yang dimasak hingga menjadi adonan padat, lalu ditambah ayam rebus, atau daging asap.
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.