Di Balik Warna-warni Buah & Sayur

Di Balik Warna-warni Buah & Sayur

Buah dan sayur ternyata tak sekedar menyimpan kandungan vitamin, mineral dan serat yang baik untuk kesehatan manusia. Di balik warna-warninya yang menarik ada khasiat istimewa lain yang tak kalah bermanfaat. Zat warna alias pigmen yang berkontribusi sebagai pemberi warna ini tergolong senyawa phytonutrient. Phyto artinya tumbuhan, nutrient artinya nutrisi. Dalam tubuh manusia, phytonutrient ini bertugas mengoptimalkan fungsi tubuh dan dapat menangkal beberapa jenis penyakit. Jadi, biasakan untuk selalu mengonsumsi bahan makanan dengan warna yang bervariasi, ya.

Merah

Warna merah pada tomat dan semangka mengandung senyawa likopen yang merupakan jenis antioksidan kuat untuk mencegah berbagai jenis kanker dan menghambat penuaan dini.

Ungu

Warna keunguan pada terong, plum atau bombay ungu mengandung senyawa antosianin yang juga mengandung antioksidan pencegah kanker dan anti radang.

Hijau

Warna hijau pada brokoli, paprika hijau atau mentimun mengandung lutein dan zeaxanthin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, membantu produksi sel darah merah, menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan imunitas/kekebalan tubuh.

Kuning dan Oranye

Warna kuning dan oranye pada jagung, nanas, pisang, wortel dan pepaya mengandung senyawa karotenoid dan beta karoten yang berperan untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit jantung.

Putih 

Warna putih pada taoge, sirsak, kol, bawang putih ataupun jamur bukan berarti tidak memiliki khasiat. Senyawa allicin dan indoles pada sayur dan buah berwarna putih dapat menurunkan risiko hipertensi dan kolesterol. 

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.