7 Bahan Pengganti Santan

7 Bahan Pengganti Santan

Santan menjadi salah satu bahan penting dalam kuliner Indonesia. Mulai dari masakan, kue, hingga minuman, hasil ekstrak/sari dari perasan daging buah kelapa ini menyumbangkan cita rasa gurih yang membuat sajian jadi lebih sedap. Tapi, jika karena satu dan lain hal Anda tak bisa menggunakan santan, jangan langsung mogok masak, ya. Peranannya dalam memberikan kekentalan pada kuah dapat digantikan dengan beberapa alternatif bahan berikut ini. Tetapi Anda tentu tidak bisa mendapatkan aroma dan cita rasa khas santan. 

  1. Susu Cair
    Susu putih dapat menggantikan santan. Penggunaannya sudah cukup umum dilakukan. Untuk kuah Soto Betawi, misalnya. Ada yang mengganti semua porsi santan dengan susu, ada yang mencampurkan santan dan susu dengan perbandingan yang sama. Saat memilih susu, pastikan susu putih tidak mengandung rasa apapun karena ada beberapa merek susu yang memberikan rasa vanila pada susu putih. Rasa ini tentu kurang pas untuk membuat masakan gurih.
  2. Kemiri
    Dapat memberikan tekstur kental dan creamy serta rasa yang gurih pada masakan. Namun warna putih seperti santan kurang dapat tercapai. Sangrai terlebih dahulu kemiri sebelum dihaluskan. 
  3. Kacang Almond atau Kacang Mete
    Rendam dulu kacang almond atau kacang mete semalaman hingga teksturnya empuk, kemudian haluskan dalam blender dengan menambahkan air hangat atau susu hingga mendapatkan kekentalan atau tekstur yang pas. Cita rasa gurih dari kacang ini dapat digunakan untuk menggantikan santan dalam masakan atau minuman. 
  4. Yogurt
    Kuliner India biasa menggunakan yogurt dalam aneka masakannya, sebagai pengganti santan. Gunakan jenis set yogurt yang tawar. Jika memerlukan tekstur yang lebih halus dan tidak terlalu kental, haluskan yogurt dalam blender dengan tambahan sedikit air hangat. Karena cita rasanya yang asam, porsi yogurt yang ditambahkan tentu perlu diperhatikan. Yogurt dapat digunakan untuk masakan kari atau gulai untuk mendapatkan kuah yang bertekstur creamy.
  5. Krim Kental
    Bahan ini bisa juga digunakan untuk menggantikan santan. Untuk mendapatkan aroma khas kelapa, bisa campurkan krim kental dengan air kelapa, lalu blender hingga tercampur rata. Bisa juga mencampurkan krim dengan susu cair. Campuran krim ini dapat memberikan tekstur yang creamy layaknya santan untuk masakan, minuman dan kue.
  6. Susu Evaporasi
    Susu evaporasi memiliki cita rasa yang gurih dan tawar. Dapat menggantikan santan untuk masakan, kue dan minuman.
  7. Susu Kedelai
    Dapat digunakan untuk menggantikan santan, tetapi aroma dan cita rasa khas kedelai akan mempengaruhi sajian yang dihasilkan. Alternatif bahan ini dapat dicoba bagi Anda penderita lactose intolerance yang tidak dapat mengonsumsi produk susu dan turunannya.
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.