Membersihkan Peralatan Masak

Membersihkan Peralatan Masak

Membersihkan peralatan masak merupakan kegiatan yang tak kalah penting di dapur. Panci dan wajan Anda lengket akibat gosong? Jangan langsung bersedih hati. Asal tahu triknya, sisa gosong itu bisa bersih kembali. Anda pun harus tahu cara membersihkan peralatan masak yang tepat, sesuai jenis bahannya. Pengeluaran uang belanja bisa lebih hemat karena Anda tidak harus terlalu sering mengganti dan membeli peranti masak baru.

  • Tuang air ke dalam panci atau wajan yang lengket dan berkerak kemudian didihkan. Matikan api, masukkan soda kue, aduk rata dan  diamkan selama minimal 15 menit. Untuk kerak yang membandel, rendam saja hingga semalaman. Keesokan harinya Anda akan dengan mudah membersihkan sisa gosong tersebut.
  • Untuk peralatan masak dari aluminium, campurkan cuka dan air, kemudian didihkan sebentar. Noda yang menempel akan menjadi mudah dicuci.
  • Agar tidak berkarat, membersihkan dan menyimpan peralatan masak berbahan besi memerlukan perlakuan khusus. Cuci peralatan masak dari besi dengan air hangat dengan spons yang agak kasar, tanpa menggunakan sabun. Setelah itu harus langsung dilap dengan lap kering dan oles permukaannya dengan sedikit minyak sebelum disimpan.
  • Peralatan masak dari tanah liat umumnya mudah menyerap bau. Untuk mengatasinya, rendam semalaman dengan campuran air dan soda kue.
  • Peralatan masak dengan lapisan anti lengket atau lapisan enamel biasanya tidak meninggalkan kerak lengket yang susah dibersihkan. Tetapi, yang harus menjadi perhatian adalah saat mencucinya. Jangan langsung menyiram atau merendam peralatan masak berlapis enamel atau lapisan anti lengket saat masih panas untuk menghindari thermal shock. Perubahan suhu yang sangat cepat dan drastis akan membuat lapisan mudah retak atau sobek. Pastikan untuk membiarkan dulu hingga tidak panas sebelum dicuci.
  • Sendok kayu, sutil kayu atau peralatan masak lain yang terbuat dari kayu sangat mudah berjamur dan lapuk. Untuk menghindarinya, setelah dicuci bersih, segera keringkan dengan lap dan disimpan di tempat yang kering/tidak lembap.
  • Untuk menghilangkan bau tak sedap pada peralatan masak berbahan kayu, dapat digunakan larutan soda kue (soda kue dan air), cuka atau air jeruk nipis ataupun lemon.
  • Usai membuat kue, pastikan membersihkan pengocok/balloon whisk hingga benar-benar bersih dan tidak ada sisa adonan yang terselip di antara kawatnya. Segera bersihkan balloon whisk di bawah air mengalir agar sisa adonan tidak terlanjur mengeras. Lebih baik jika menggunakan air hangat.
  • Bersihkan saringan dengan disikat menggunakan sikat kecil untuk memastikan tidak ada kotoran yang tersisa dan menempel di antara lubang saringan. 
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.