Tips Membuat Bubur Lezat

Tips Membuat Bubur Lezat

Anda penyuka bubur ayam? Membuatnya sih, memang tidak sulit. Prinsipnya adalah memasak beras dalam jumlah air yang banyak. Tapi, kalau bubur jadi terlalu encer dan berair, rasanya jadi kurang mantap, kan? Berikut tips membuat bubur sekaligus beberapa variasi bubur yang bisa Masaklovers buat sendiri di rumah!

  • Pilih beras yang pulen, bukan yang pera seperti untuk nasi goreng. Beras pera akan membuat tekstur bubur pecah dan tidak menyatu dengan baik.
  • Biasanya, perbandingan jumlah beras dan cairan yang digunakan adalah 1:10. Perbandingan ini bisa disesuaikan dengan kekentalan bubur yang diinginkan. Jika ragu-ragu, Masaklovers bisa tambahkan cairannya secara bertahap.
  • Agar bubur terasa gurih dan sedap, cairan yang digunakan sebaiknya adalah air kaldu. Jika tidak sempat membuat kaldu sendiri, bisa menggunakan kaldu instan, tetapi harus perhatikan jumlah garam yang digunakan karena kaldu instan biasanya sudah mengandung garam.
  • Memasak bubur tidak bisa ditinggal-tinggal. Untuk mendapatkan tekstur bubur yang halus dan kental, Masaklovers perlu mengaduk-aduknya secara bertahap selama proses pemasakan. 
  • Jangan menggunakan api besar. Bukannya cepat matang, bubur malah jadi gosong. Cairannya cepat habis/menguap, tapi tekstur bubur yang diharapkan tidak terbentuk. Memasak bubur harus dengan teknik slow cook, tidak bisa terburu-buru, karena itu gunakan api kecil-sedang.
  • Selain bubur dari beras, Masaklovers juga dapat menggunakan oat. Bubur oat tak melulu lezat diolah jadi bubur manis, kok. Diolah dengan topping ala bubur ayam, juga lezat! Masak oat hingga kekentalan yang diinginkan (ingat, setelah dingin bubur oat akan semakin kental), tambahkan bokchoy sebagai sayurannya dan potongan tahu sutra di dalam bubur. Jangan lupa menambahkan sedikit minyak wijen untuk memperkaya cita rasa bubur. 
  • Selain bubur ayam, Masaklovers juga dapat berkreasi membuat Bubur Sapi, Bubur Udang, atau Bubur Ikan. Tambahkan sedikit parutan atau cincangan jahe untuk menghilangkan aroma amisnya. 
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.