Tips dan Trik Siapkan Masakan Sahur

Tips dan Trik Siapkan Masakan Sahur

Masaklovers, bersantap sahur bersama keluarga di bulan suci Ramadan tentunya merupakan momen kebersamaan yang membahagiakan. Akan makin lengkap kebahagiaan keluarga Anda bila acara santap sahur berjalan mulus. Masakan terhidang di meja makan tepat waktu, dengan menu yang memuaskan bagi setiap anggota keluarga. Selain itu, Anda dapat tidur malam dengan tenang, dan tak perlu bangun terlalu dini, dengan melakukan trik-trik berikut:

  • Buat perencanaan menu selama satu minggu. Lalu belanjakan sekaligus bahan-bahan yang tidak cepat rusak. Siangi semua bahan-bahan, seperti memetik sayuran berdaun, mengupas bawang merah dan bawang putih, agar proses memasak jadi lebih cepat.
  • Masukkan pilihan masakan praktis ke dalam daftar menu. Meski praktis, pastikan untuk menggunakan bahan yang bervariasi dan memenuhi cukupan zat gizi. Misalnya, tumisan, capcay, sup dengan bumbu sederhana (sup oyong udang atau sup sayur), balado bakso, telur kecap dan lain-lain.
  • Manfaatkan bahan makanan siap olah, seperti bakso, sosis, otak-otak atau nugget. Dengan sedikit variasi, frozen food ini juga bisa tampil menarik untuk menu sahur. Misalnya, nugget dimasak dengan bumbu asam pedas atau sosis ditumis dengan bumbu lada hitam. 
  • Siapkan selalu lauk awet simpan untuk jaga-jaga jika Anda terlambat bangun sahur dan tidak punya banyak waktu untuk memasak. Misalnya, rendang, ayam ungkep atau empal siap goreng dan tahu atau tempe bacem. Lauk awet simpan ini bisa disiapkan dalam jumlah banyak sekaligus untuk beberapa kali makan. Aneka lauk kering siap santap, seperti kering tempe atau kering pengantin juga bisa jadi pilihan.
  • Mi goreng atau bihun goreng dengan irisan sayur, suwiran ayam dan irisan bakso, atau bakso kuah komplet dengan mi, bokcoy dan tahu, bisa menjadi alternatif menu sahur yang praktis karena dalam satu hidangan sudah komplet mengandung sumber karbohidrat, lauk pauk dan sayuran (hidangan sepinggan).
  • Tak ada salahnya menyiapkan bumbu siap pakai dalam stok bahan Anda, seperti tepung bakwan, bumbu-bumbu ikan, bumbu tempe goreng dan lain-lain. Anda mungkin memerlukannya di saat waktu masak terbatas.
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.