Memilih Ikan Segar

Memilih Ikan Segar

Sebagian orang mungkin lebih memilih ikan hidup yang baru dipotong saat akan dibeli. Di pasar tradisional atau beberapa supermarket, ikan gurame, ikan nila, ikan lele atau ikan mas biasanya memang masih dijajakan dalam kondisi hidup. Setelah Anda memillih, barulah ikan dipotong sesuai kebutuhan. Kondisi ini tentunya merupakan kondisi ideal untuk memastikan kesegaran ikan.

Sayangnya tidak semua jenis ikan bisa dijual dalam kondisi hidup. Sebut saja sebagai contoh adalah  ikan tuna yang ditangkap di  perairan Indonesia Timur. Tentu bukan hal yang mudah untuk bisa membawanya dalam keadaan hidup ke pulau Jawa dan Sumatera, misalnya. Meskipun demikian, bukan berarti ikan yang sudah tidak hidup langsung dikategorikan sebagai ikan yang sudah tidak segar. Asal mendapatkan penanganan yang tepat selama proses transportasi dan penyimpanan, kesegaran ikan dapat tetap terjaga, kok!

Sebagai konsumen, Anda harus pintar dan jeli dalam memilih ikan yang segar. Dalam kondisi masih segar, daging ikan terasa lebih enak  dan memiliki kandungan gizi yang optimal. Bagaimana ciri-ciri ikan yang masih segar?

  • Bau tidak menyimpang
    Produk laut secara alami memang memiliki bau amis yang khas. Anda harus bisa membedakan mana yang baunya normal, mana yang bau amisnya sudah menyimpang. Sering-sering dipraktikkan ya, supaya penciuman Anda semakin peka.
  • Insang masih segar
    Intip insang ikan sebelum membeli. Ikan yang masih segar ditandai dengan warna insangnya yang masih merah cerah. Ikan yang sudah tidak segar insangnya berwarna kusam dan pucat.
  • Mata ikan bening
    Pastikan mata ikan masih bening dan menonjol. Salah satu ciri ikan yang sudah tidak segar adalah matanya terlihat bening keputihan dan bentuk matanya tidak menonjol.
  • Tekstur daging masih segar
    Daging ikan yang masih segar teksturnya kenyal dan tidak lembek.
  • Sirip dan sisik ikan menempel
    Jika sirip dan sisik ikan terlihat mulai tidak menempel pada badan ikan, kemungkinan ikan sudah tidak segar.
  • Kulit ikan tidak kusam
    Ikan yang segar kulitnya berwarna metalik dan bersinar (tidak kusam).
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.