Saus Kondimen Khas Dapur Cina

Saus Kondimen Khas Dapur Cina

Hidangan Cina yang khas dengan racikan saus, menjadi salah satu rahasia kelezatannya. Selain digunakan sebagai salah satu bahan dalam proses memasak, beberapa jenis saus khas dapur Cina juga melengkapi sedapnya acara santap di meja makan. Saus pelengkap termasuk dalam kategori kondimen, fungsinya untuk meningkatkan cita rasa masakan yang terhidang. Digunakan seperlunya, sesuai selera. 

  1. Minyak Wijen
    Terbuat dari biji wijen yang dipanggang kemudian dihaluskan dan diekstrak minyaknya. Aromanya sangat kuat sehingga cukup digunakan dalam jumlah sedikit. Dalam membuat masakan, minyak wijen digunakan untuk hidangan tumisan, sup, hingga saus salad. Sebagai kondimen, beberapa tetes minyak wijen akan meningkatkan kelezatan bubur Cina, shabu-shabu atau mi ayam.
  2. Saus Hoisin
    Saus kental berwarna kecokelatan ini biasa menjadi cocolan hidangan Peking Duck, lumpia atau sajian bakar-bakaran ala Cina. Hoisin dalam aksara Cina berarti seafood, padahal saus ini sama sekali tidak mengandung seafood, namun terbuat dari fermentasi kacang kedelai, cuka, bawang putih, bawang bombay, cabai dan bumbu lainnya. Cita rasanya manis dan gurih.
  3. Saus Plum
    Saus ini berwarna cokelat muda dengan rasa yang asam-manis. Saus ini pun sangat cocok melengkapi Peking Duck, bisa juga untuk cocolan lumpia atau dimsum goreng. Terbuat dari campuran buah plum, aprikot, cuka, gula dan rempah.
  4. Minyak Cabai
    Terbuat dari cabai kering yang diekstrak dalam minyak sayur. Ada yang menyebutnya Szechuan oil. Selain sebagai pelengkap untuk la mian dan bubur, minyak cabai juga biasa digunakan sebagai cocolan dimsum. Ada juga minyak cabai yang dilarutkan dalam minyak wijen, sehingga cita rasanya tak hanya pedas tetapi diperkaya dengan rasa minyak wijen yang khas.
  5. Kecap Asin
    Termasuk salah satu bahan wajib di dapur Cina. Terbuat dari fermentasi kacang kedelai dengan cita rasa asin gurih. Terdiri dari 2 jenis, light soy sauce dan dark soy sauce.  Light soy sauce memiliki cita rasa asin yang kurang kuat, lebih encer dan warna lebih terang. Jenis ini  cocok digunakan untuk memasak hidangan tumisan yang dimasak cepat, seperti tumisan sayur, nasi goreng atau mi goreng. Dark soy sauce memiliki warna yang lebih pekat, lebih kental dan cita rasa yang lebih kuat karena proses fermentasinya lebih lama. Jenis dark soy sauce biasa dipakai dalam untuk memarinasi atau membuat hidangan yang dimasak dalam waktu lebih lama sehingga menghasilkan warna sajian yang lebih gelap, seperti hidangan daging atau seafood panggang. Sebagai kondimen, kecap asin cocok untuk meningkatkan cita rasa bubur hingga sup hangat. Bisa juga ditambahkan irisan cabai rawit bagi yang suka pedas.
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.