Tips Sukses Membuat Cake

Tips Sukses Membuat Cake

Simak tips berikut, agar cake buatan Anda sukses memukau.

PERSIAPAN BAHAN & ALAT

  • Gunakan bahan berkualitas baik.

Untuk mendapatkan cake dengan tekstur dan cita rasa yang prima, pemilihan bahan juga harus diperhatikan. Misalnya untuk tepung terigu, pilih tepung yang tidak berbau apek, tidak lembap, halus, serta tidak menggumpal.

  • Timbang dan ukur dengan tepat

Dalam membuat cake, Masaklovers harus teliti menimbang dan mengukur setiap bahan yang digunakan sesuai resep. Kelebihan atau kekurangan takaran bahan bisa membuat cake jadi gagal. Misalnya, jika resep menggunakan takaran sendok ukur, gunakan dengan tepat takarannya. Gunakan sendok ukur, bukan sendok makan atau sendok teh biasa yang dipakai sehar-hari.  Jika resep menggunakan ukuran dalam cup, pound atau satuan lain yang tidak umum, jangan bingung. Masaklovers bisa mengkonversinya ke dalam satuan liter atau gram dengan menggunakan panduan melalui internet.

  • Siapkan semua peralatan sebelum mulai

Pastikan semua alat sudah tersedia. Untuk mengocok telur, paling ideal adalah menggunakan bowl /mangkuk dari beling atau stainless steel karena bahan beling lebih mudah terjaga kebersihannya dari sisa-sisa lemak dan kotoran lain. Mangkuk yang masih basah atau masih ada sisa-sisa lemak akan membuat telur susah mengembang.

PROSES MEMBUAT CAKE

  • Mengocok telur dengan gula

Proses mengocok telur dan gula dilakukan hingga telur mengembang. Cirinya, berwarna putih, kental, mengkilat dan meninggalkan jejak di atasnya yang tidak mudah hilang. Kocok telur dan gula dengan kecepatan sedang. Lamanya tergantung mikser yang digunakan. Tapi umumnya adalah 15-20 menit. Mengocok terlalu lama akan membuat cake yang dihasilkan menjadi keriput.

  • Mengocok margarin atau mentega dengan gula

Sebaiknya gunakan gula pasir berbutir halus agar lebih mudah larut. Kocok margarin/mentega dengan mikser kecepatan sedang hingga halus dan lembut.

  • Mengocok margarin atau mentega dengan telur

Tambahkan telur satu per satu sambil mengocok margarin atau mentega menggunakan mikser kecepatan sedang. Tujuannya agar telur dapat tercampur secara sempurna.

  • Mengocok putih telur

Mengocok putih telur perlu perhatian ekstra, terutama pada penggunaan peralatan yang harus kering dan bebas lemak. Mengocok putih hingga kaku dilakukan dengan kecepatan mikser bertahap. Gunakan kecepatan rendah hingga putih telur berbuih halus, tambah kecepatan hingga buih makin tebal dan lembut, kemudian tambahkan lagi kecepatan mikser untuk menghasilkan putih telur kocok yang kaku.

  • Menambahkan bahan kering

Penambahan bahan kering seperti tepung terigu, susu bubuk atau cokelat bubuk biasanya dilakukan setelah adonan telur dikocok. Campur semua bahan kering, kemudian ayak bersama agar halus dan tercampur rata sebelum dimasukkan ke dalam adonan telur kocok. Penambahan ini dilakukan secara bertahap dan cukup diaduk dengan spatula saja. Jangan mengaduk terlalu lama karena akan membuat udara yang sudah terperangkap dalam adonan menjadi hilang sehingga kue tidak bisa mengembang sempurna.

  • Memanggang cake

Pastikan untuk memanaskan oven minimal 15 menit terlebih dahulu sebelum memanggang cake agar suhu yang diinginkan sudah tercapai.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.