Etiket Menikmati Jamuan Chinese Food

Etiket Menikmati Jamuan Chinese Food

Saat Anda berkesempatan datang ke jamuan Chinese Food di perayaan Imlek kali ini, ikuti panduan berikut agar Anda tidak menyalahi aturan mainnya.

  1. Meja makan dalam acara jamuan Chinese Food berbentuk bundar dengan alas atau meja kecil yang diputar di bagian tengah meja. 
  2. Berbeda dengan jamuan gaya Barat yang dihidangkan satu per satu sesuai urutan, jamuan makan tradisional Cina yang melibatkan anggota keluarga atau kerabat dekat, biasanya akan menyajikan hidangan sekaligus. Semua hidangan disajikan langsung di atas meja dan disantap bersama-sama. Biasanya tidak disediakan serving spoon sehingga tiap tamu boleh mengambil makanan di tengah meja menggunakan sumpitnya masing-masing yang telah dipakai untuk menyantap hidangan sebelumnya. Jangan mengangkat piring atau mangkuk yang terhidang di tengah meja, cukup ambil makanan menggunakan sumpit.
  3. Khusus untuk jamuan Chinese Food yang bersifat formal, misalnya jamuan bisnis, barulah aturan makannya dibuat melebur dengan gaya makan ala barat. Makanan disajikan satu per satu, mulai dari hidangan pembuka dingin, sup, hidangan utama dan diakhiri dengan nasi atau mi goreng. Kenapa nasi justru disajikan terakhir? Konon agar para tamu tidak keburu kenyang sehingga dapat menikmati tiap sajian yang terhidang. Setelah selesai dengan satu hidangan, tetaplah duduk manis di kursi Anda sambil menunggu pelayan datang untuk menyajikan hidangan selanjutnya.  Jamuan gaya seperti ini banyak dijumpai di resto-resto Cina masa kini. 
  4. Tamu tidak boleh memulai makan duluan. Tuan rumah lah yang harus memulai dan membuka acara santap.
  5. Jangan membiarkan mangkuk nasi, piring makan atau cangkir teh Anda benar-benar kosong karena akan membuat pemilik rumah merasa bahwa masakan yang disediakan tidak cukup.
  6. Sumpit harus selalu diletakkan di sandaran sumpit yang diletakkan di samping piring makan.
  7. Tidak boleh menusukkan atau menancapkan sumpit ke dalam mangkuk berisi nasi karena menyerupai hio yang biasa dinyalakan untuk mendoakan arwah yang sudah meninggal.
  8. Sendok bebek digunakan untuk menyantap hidangan sup. Selain itu, ada sebuah sendok bebek lagi yang diletakkan di atas meja. Sendok ini biasa digunakan untuk meletakkan sisa-sisa duri dan tulang saat menyantap hidangan ikan. Sendok ini bisa langsung didekatkan ke mulut saat Anda akan membuang duri ikan.
  9. Saat akan menyuap nasi, tangan kanan memegang sumpit dan tangan kiri memegang mangkuk nasi yang dibawa mendekati mulut.
  10. Saat menyantap hidangan dari ikan, jika ikan sudah selesai disantap pada salah satu sisinya, jangan pernah membalikkan ikan dengan sumpit. Menurut kepercayaan, jika ikan tersebut patah, maka hidup Anda akan mengalami banyak masalah. Cabut tulang ikan menggunakan sumpit agar sisi ikan yang di bagian bawah dapat dimakan.
  11. Dalam jamuan Chinese Food, teh berperan seperti segelas air putih. Teh disajikan tanpa gula dalam cawan teh.
    Masak Apa Ya?

    Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.