Mengenal Jenis Minuman Kopi ala Kafe

Mengenal Jenis Minuman Kopi ala Kafe

Menyeruput kopi kini sudah menjadi gaya hidup. Pilihan coffee shop pun banyak, mulai dari gerai kopi waralaba internasional hingga gerai-gerai kopi lokal yang tak kalah seru untuk disambangi. Jenis minuman kopi pun makin banyak variasinya. Berikut beberapa macam minuman kopi yang biasa tersaji di coffee shop, sebagai tambahan informasi agar pesanan Anda tak melulu tertuju pada Cappuccino

Espresso

Jenis ini paling kuat kadar kopinya. Merupakan ekstrak biji kopi murni tanpa campuran gula ataupun susu yang diproses menggunakan mesin espresso dengan cara mengaliri air bersuhu lebih dari 100 derajat Fahrenheit ke bubuk kopi. Espresso biasa tersaji dalam cangkir kecil.

Cappuccino

Merupakan jenis minuman kopi yang paling mudah ditemui, bahkan kini tersaji dalam bentuk instan. Cappuccino pada dasarnya merupakan kopi susu yang diberi foam dan terkadang ditaburi cokelat bubuk. Komposisi kopi espresso dan susu dalam racikan Cappuccino jumlahnya seimbang sehingga cita rasa khas kopi masih cukup terasa. Boleh ditambahkan gula jika merasa masih terlalu pahit.

Latte

Sama dengan cappuccino, latte pada dasarnya adalah jenis minuman kopi susu yang diberi foam. Bedanya, komposisi susu dalam latte lebih banyak dari komposisi kopi espresso yang digunakan. Barista menyebut komposisinya dengan very milky coffee. Merupakan jenis minuman kopi yang paling aman bagi Anda yang tidak terlalu suka kopi.

Affogato

Minuman ini mencampurkan pahit dan pekatnya espresso dengan es krim vanilla yang manis dan creamy. Perpaduannya menghasilkan cita rasa yang unik dan nikmat.

Macchiato

Merupakan espresso yang diberi campuran foam. Foam dari susu yang di-steam jumlahnya hanya sedikit sehingga rasanya tetap strong.

Mochaccino

Moka adalah sebutan untuk campuran kopi dan cokelat sehingga menghasilkan cita rasa dan aroma ‘baru’ yang tak kalah nikmat. Mochaccino merupakan racikan dari espresso, susu, cokelat dan foam di atasnya.

Americano

Pada dasarnya americano sama dengan espresso, tetapi menggunakan lebih banyak air sehingga cita rasa kopinya tidak terlalu kuat dan lebih encer.

Ristretto

Kebalikan dengan americano, ristretto adalah espresso yang menggunakan air lebih sedikit. Nama ristretto berasal dari Bahasa Itali yang berarti terbatas. Ristretto sering juga disebut half espresso karena air yang digunakan dibatasi dan volume kopi yang dihasilkan ristretto hanya setengah dari espresso.

Long Black

Komposisinya seperti americano tetapi cara menyeduhnya sedikit berbeda. Untuk americano, cangkir diisi dengan espresso baru kemudian diencerkan dengan air panas. Sedangkan pada long black, cangkir lebih dulu diisi dengan air panas baru kemudian dituang espresso. Dari cita rasa, keduanya tidak berbeda secara nyata, tetapi dari penampilan ada perbedaannya. Cream kopi yang terbentuk pada long black terlihat lebih utuh.

Flat White

Mirip dengan latte tetapi disajikan tanpa foam. Flat white awalnya diperkenalkan di Australia dan Selandia Baru pada tahun 1980 dan perlahan-lahan berkembang sampai ke Amerika Serikat. 

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.