Beda Jenis Tepung Terigu, Beda pula Kegunaannya

Beda Jenis Tepung Terigu, Beda pula Kegunaannya

Warna boleh sama putih, tetapi jenis tepung terigu yang berbeda ternyata punya kegunaan yang juga berbeda dalam aplikasinya. Membuat roti yang lembut dan mengembang sempurna, mi yang kenyal, cake yang anti bantat, dan cookies  yang renyah hanya bisa terwujud dengan penggunaan jenis terigu yang tepat. 

Terigu terbuat dari biji gandum yang telah melalui proses penggilingan. Jenis-jenis terigu yang beredar di pasaran secara umum dibedakan menjadi 3 jenis. Perbedaannya didasarkan pada  jumlah kandungan protein dan gluten di dalam terigu.  Keberadaan kandungan gluten ini yang membedakan antara terigu dengan tepung lainnya serta mempengaruhi daya elastisitas dan kekenyalan adonan yang dihasilkan. 

1. Terigu Protein Tinggi (Hard Flour) 
Yang tergolong dalam kategori ini adalah terigu dengan kandungan protein paling tinggi, minimal 13%. Jenis terigu ini yang paling ideal untuk membuat roti atau mi. Adonan roti dapat mengembang secara sempurna sehingga tekstur yang dihasilkan menjadi lebih halus dan lembut. Gluten akan menahan adonan roti saat mengembang secara maksimal, strukturnya kuat dan tidak kempis kembali. Pada adonan mi, gluten berperan dalam mempengaruhi kekenyalan dan elastisitas mi yang dihasilkan.

2. Terigu Protein Sedang (Medium Flour) 
Kandungan proteinnya sekitar 11 - 12.5%, tidak tinggi tapi juga tidak rendah, sehingga jenis tepung ini termasuk dalam kategori tepung all purpose/multipurpose alias serbaguna. Paling ideal untuk membuat martabak manis, pound cake, brownies, muffin, donat, pastry dan lainnya. Meskipun bisa saja digunakan untuk membuat roti, namun kualitas roti yang dihasilkan tidak optimal.

3. Terigu Protein Rendah (Soft Flour) 
Memiliki kandungan protein paling rendah, di bawah 11%. Jenis tepung terigu ini memiliki daya serap air yang rendah sehingga agak sulit diuleni, tidak elastis, dan daya pengembangannya rendah. Paling cocok untuk membuat sponge cake, chiffon cake, cookies, biskuit, dan gorengan yang memerlukan tekstur yang renyah.  

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.