Cara Tepat Memasak Kalkun

Cara Tepat Memasak Kalkun

Sajian yang terbuat dari daging tentu sangat lezat untuk dinikmati. Bagi yang sering mengolah daging ayam atau sapi, daging kalkun bisa menjadi variasi menu. Bahkan, menurut United States Department of Agriculture Food & Nutrition Center (USDA), daging dari unggas besar tersebut menyimpan beragam nutrisi, seperti zat besi yang baik untuk pembentukan sel darah merah, zinc dan kalium yang dibutuhkan untuk membentuk energi, serta vitamin B yang dapat berperan sebagai antioksidan.

Supaya nutrisi yang terkandung dalam kalkun bisa dimanfaatkan secara optimal, berikut cara yang tepat untuk memasaknya.

Deep Fried

Daging kalkun bisa diolah dengan beberapa cara. Salah satunya dengan menggunakan teknik deep fried. Agar dagingnya terasa lebih lezat dengan nutrisi yang tetap terjaga, Alton Brown dari The Food Network menyarankan untuk merendam pada larutan air garam dan brown sugar selama delapan hingga 16 jam.

Dipanggang pada Suhu Tertentu

Cara memasak lain yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan citarasa daging kalkun adalah dipanggang. Suhu yang paling tepat untuk memanggangnya sekitar 175° Celcius. Selain itu, agar lebih nikmat, balurkan beberapa sendok makan air perasan lemon, garam dan merica. Panggang selama 30 hingga 60 menit.

Merebus Daging Kalkun

Selain dipanggang, daging kalkun juga nikmat disantap dalam bentuk rebusan. Ketika direbus daging kalkun mengeluarkan kaldu yang sangat sedap. Tanpa perlu dipisahkan, bumbui dengan beragam rempah sesuai selera, seperti diolah menjadi sup kalkun. Supaya lebih lengkap kandungan nutrisinya, tambahkan beberapa potong sayur, seperti brokoli, wortel, lentil dan asparagus.

Diasapi di Atas Arang

Teknik memasak lain yang bisa dicoba untuk meramu kalkun menjadi sajian lezat adalah diasap. Awali dengan melumuri kalkun utuh dengan bumbuan sesuai selera. Kemudian asapi di atas arang yang menyala. Akan lebih baik bila menggunakan arang kelapa, karena dapat menambah aroma daging kalkun menjadi lebih lezat dan yang pasti nikmat disantap.

Tidak begitu sulit bukan mengolah kalkun menjadi hidangan yang sehat dan lezat. Asal dimasak dengan cara yang tepat, kalkun lezat pun bisa disantap secara nikmat setiap saat. Happy cooking, ya!

 

Sources: http://ovens.reviewed.com/features/10-alternative-ways-to-cook-a-turkey

http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=whfkitqa&dbid=130

http://www.health-alternatives.com/ground-turkey-nutrients.html

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.