Kenali Susu UHT

Kenali Susu UHT

Di pasaran ada beberapa jenis susu cair, salah satunya adalah susu UHT. Yuk kita kenalan lebih jauh dengan susu UHT ini! 

  • Susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan jenis susu steril yang diproses dengan menggunakan suhu tinggi (135 – 1450C) dalam waktu yang sangat singkat (2-3 detik). Suhu tinggi digunakan untuk mematikan bakteri pembusuk sekaligus bakteri patogen (penyebab penyakit) di dalam susu. Sedangkan waktu proses yang singkat bertujuan untuk meminimalkan kerusakan zat gizi di dalam susu. Seperti diketahui, semakin lama terkena suhu tinggi, maka kandungan gizi akan semakin banyak yang rusak. Proses UHT ini dapat mempertahankan nutrisi dalam susu yang lebih baik dari susu steril lainnya.


  • Kelebihan: Kemasan susu UHT adalah kemasan tetra pack yang kedap dan steril. Kemasannya terdiri dari beberapa lapisan yang memungkinkan susu menjadi awet hingga 6-10 bulan, bahkan 1 tahun di suhu ruang. Kondisi ini tentunya tercapai jika kemasan susu UHT masih belum dibuka dan tidak ada kerusakan pada kemasan.


  • Kelemahan: Kemasan tetra pack dan proses UHT yang berteknologi tinggi membuat harga susu UHT menjadi relatif agak tinggi.


  • Memilih: Perhatikan tanggal kadaluarsa pada kemasan. Pastikan kemasan tidak menggembung akibat kontaminasi bakteri, rasanya normal, tidak asam, tidak basi, dan tidak menggumpal.


  • Cara Penyimpanan: Setelah kemasan dibuka, segera simpan di lemari pendingin dalam kondisi tertutup rapat, agar umur simpannya bisa bertahan hingga beberapa hari.


  • Penggunaan: Selain bisa langsung diminum, susu UHT tawar luwes dicampurkan pada masakan karena memberi rasa gurih. Untuk campuran puding, schotel, risoles, bisa sebagai pengganti santan dalam masakan, dan banyak kreasi masakan lainnya. 
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.