Makanan Penambah Darah

Makanan Penambah Darah

Sering merasa lemah, lesu, dan letih berlebihan? Bisa jadi Anda kurang darah, alias sel darah merah Anda jumlahnya kurang. Gejala kurang darah ini umumnya dikenal dengan istilah anemia. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kandungan zat besi (Fe) sehingga tubuh tidak dapat memproduksi Haemoglobin (Hb) dalam jumlah yang cukup. Padahal, di dalam sel darah merah, Hb berperan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tak heran jika kekurangan zat besi, maka tubuh akan terasa lemas dan mudah lelah.  

Selain mengonsumsi suplemen penambah darah, ada beberapa jenis bahan pangan yang juga berperan sebagai penambah darah, antara lain:

1. Daging merah

Daging sapi atau daging kambing merupakan sumber zat besi yang paling umum diketahui dan sangat mudah ditemukan di pasaran. 

2. Jerohan

Hati, otak, dan jantung dapat menjadi sumber pangan pilihan saat Anda sedang kekurangan zat besi. Tetap perhatikan porsinya, ya. Jangan sampai sel darah merah meningkat, tekanan darah pun ikut naik akibat mengonsumsi jerohan yang berlebihan.

3. Kerang

Kerang-kerangan juga memiliki kandungan zat besi yang cukup baik. 

4. Sayuran 

Sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam, sawi, dan brokoli merupakan penyumbang zat besi yang baik bagi tubuh. Selain sayuran hijau, bit, bayam merah, dan kacang merah juga baik untuk meningkatkan kadar Hb darah. 

5. Buah

Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, jambu biji, mangga, dan lain-lain, juga dapat menambah darah karena berperan dalam membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh. 

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.