Memanaskan Ulang Makanan, Bolehkah?

Memanaskan Ulang Makanan, Bolehkah?

Idealnya, semua makanan dikonsumsi langsung segera setelah dimasak. Rasanya lebih segar, penampilannya menggiurkan, dan kandungan gizinya pun masih dalam kondisi prima. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memasak makanan dalam porsi yang pas sekali makan. Namun, kondisi ideal ini tentunya tak selalu dapat terpenuhi karena berbagai alasan. Seringkali makanan tidak sekali habis dan harus disimpan dulu untuk kemudian disantap kembali, nanti malam, atau esok hari. 

Bukannya tidak boleh, tetapi memanaskan ulang makanan memiliki beberapa risiko. Utamanya tentu adalah semakin menurunkan kandungan gizi dalam makanan. Pemanasan berulang akan membuat zat gizi, khususnya vitamin, semakin banyak yang rusak. Selain itu ada standar khusus yang harus dipenuhi supaya makanan yang dipanaskan tetap aman untuk dimakan. Antara lain, memanaskannya harus dengan panas dan waktu yang cukup agar mikroba yang kemungkinan ada dalam makanan mati. Dari mana datangnya mikroba tersebut? Bisa dari udara, perlengkapan makan atau alat saji yang digunakan, atau dari tangan kita yang menyentuh makanan tersebut tanpa sengaja. Semakin lama disimpan di suhu ruang, mikroba akan berkembang biak semakin banyak dan akan menyebabkan makanan menjadi rusak atau basi. 

Namun, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan berulang, bukan karena alasan di atas. Tetapi karena adanya perubahan zat atau senyawa yang ada di dalam makanan tersebut yang tidak baik jika terkonsumsi. Berikut penjelasannya: 

1, Sayuran Hijau

Ada beberapa hal yang dituliskan di banyak sumber tentang alasan mengapa sayur hijau seperti bayam tidak boleh dipanaskan ulang. Pertama karena sayur bayam mengandung senyawa nitrat yang jika terlalu lama disimpan dan dipanaskan berulang akan berubah menjadi senyawa nitrit yang bersifat karsinogenik (pemicu kanker). Kedua, zat besi dalam sayur bayam yang terlalu lama disimpan dan dipanaskan berulang akan berubah bentuk menjadi zat besi yang bersifat racun. Selain bayam, sayuran hijau lain, misalnya kangkung dan sawi juga sebaiknya tidak dipanaskan berulang.

2. Makanan bersantan

Kandungan lemak pada santan jika dipanaskan berulang-ulang akan mengalami kerusakan dan ujung-ujungnya dapat berubah menjadi jenis lemak yang kurang baik bagi tubuh. 

3. Makanan gorengan

Menggoreng ulang makanan gorengan akan membuatnya jadi lebih banyak menyerap minyak, selain tentunya kandungan lemak pada minyak juga akan berubah menjadi jenis lemak yang kurang baik. 

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.