Memilih Minyak Goreng yang Sehat untuk Memasak

Memilih Minyak Goreng yang Sehat untuk Memasak

Kandungan lemak jenuh yang tinggi menjadi salah satu alasan makanan yang digoreng kurang begitu baik bagi kesehatan. Apalagi, jika dikonsumsi secara berlebihan. Di sisi lain, rasa gurih kadang menjadi godaan terberat untuk menolak hidangan gorengan. Lalu, apakah makanan yang digoreng ini dihindari sepenuhnya agar tubuh lebih sehat?

Kabar baiknya, Maria Isabel Covas, PhD dari Municipal Institute for Medical Research Barcelona, Spanyol, menjelaskan bila menu gorengan masih bisa dihidangkan, asal cara menggoreng dan minyak yang digunakan tepat. Selain minyak goreng yang biasa digunakan, ada beberapa jenis minyak sehat yang bisa digunakan untuk menggoreng. Namun, Covas menekankan bila minyak goreng yang digunakan secara berulang kali, menjadi pemicu tingginya lemak jenuh dan kolesterol yang tersembunyi di balik gurihnya gorengan.

Berikut ini beberapa jenis minyak sehat yang bisa digunakan untuk menggoreng, selain minyak kelapa.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti asam lemak omega 3 dan antioksidan. Nutrisi tersebut amat baik bagi kesehatan jantung. Pilihlah minyak zaitun yang berjenis virgin olive oil, karena mengandung lemak sehat lebih tinggi. Saat menggunakannya untuk menggoreng, jangan dituangkan secara penuh, tetapi gunakan sedikit atau sebatas untuk mematangkan makanan. Manfaat minyak zaitun lebih bisa dirasakan saat dicampur dengan salad dan dimakan langsung.

Minyak Kanola

Minyak kanola memiliki tingkat panas yang tinggi sehingga sering dimanfaatkan untuk menumis hingga memanggang makanan. Di samping itu, minyak kanola juga mengandung lemak sehat seperti halnya minyak zaitun. Ketika memanfaatkannya untuk menggoreng, gunakan trik minyak sedikit atau mirip menumis. Penyerapan panas yang tinggi, membuat makanan jadi lebih mudah matang dan cukup menggunakan api sedang.

Minyak Kacang

Peanut oil dan walnut oil, merupakan dua jenis minyak yang diolah dari kacang-kacangan. Minyak ini tinggi kandungan lemak sehatnya, serta kaya antioksidan. Selain itu, minyak kacang juga menjadi sumber omega 3 dan omega 6 yang baik untuk kesehatan jantung. Bila menggunakan minyak ini untuk menggoreng, tuang sedikit saja. Agar tidak menghasilkan lemak jenuh selama proses pemanasan, yang justru kurang baik bagi kesehatan.

Sekarang sudah tahu kan tiga jenis minyak yang sehat untuk memasak? Jangan lupa untuk memperhatikan proses menggorengnya ya, agar minyak-minyak tersebut bisa bermanfaat untuk gaya hidup sehat Anda dan keluarga. (kln/it)

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.