Pilih Mana yang Sehat?

Pilih Mana yang Sehat?

1. Nasi VS Roti

Tidak sedikit orang yang sedang melakukan diet akan memilih makan roti ketimbang nasi,  dengan alasan nasih lebih banyak mengandung lemak dari pada roti. Apakah benar seperti ini? Jika dibandingkan, sebanarnya lebih sehat yang mana antara nasi dan roti?

Answer:

Ya beberapa orang berpikir makan nasi bisa bikin gemuk dibandingkan dengan makan roti. 100 gram nasi putih memiliki 129 kalori dan untuk 100 gram nasi merah memiliki 110 kalori , sedangkan 1 lembar roti gandum merek sari roti memiliki  80 kalori dan 1 iris reguler roti (27 gram) roti gandum memiliki 67 kalori.  Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kalori yang terdapat dinasi jauh lebih besar dibandingkan yang ada diroti.

Alasan yang menyebutkan bahwa nasi mengandung lebih banyak lemak dibandingkan dengan roti sendiri salah, karena dalam 100 gr nasi putih hanya mengandung 0,28 gr lemak, sedangkan dalam 1 lembar roti gandum mengandung 2 gr lemak. Lalu kenapa kalori roti gandum lebih kecil dibandingkan nasi karena kandungan karbohidrat pada nasi lebih tinggi dibandingkan dengan roti gandum, hal inilah yang membuat  makan roti gandum tanpa topping lebih baik dibandingkan makan nasi.

2. Bubble Tea VS Jus

Apakah benar minum jus lebih baik ketimbang bubble tea? Mengapa?

Answer:

Secangkir bubble tea memiliki 335 kkal, sedangkan segelas jus dengan buah-buahan tinggi kalori seperti alpukat, durian dan nangka memiliki 200 kkal dan segelas jus buah rendah kalori seperti apel, jeruk, melon, pir, dll mengandung sekitar 80 kkal.

Bisa dibayangkan bubble tea memiliki kalori yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jus. Kenapa? Alasanya karena bubble tea memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dibandingkan dengan jus buah. Akan lebih baik lagi, jika membuat jus buah tanpa tambahan gula untuk para pemula memang rasanya agak sedikit aneh, tapi cobalah untuk belajar merasakan manis asli dari buah itu sendiri lama kelamaan kita akan terbiasa. Dengan mengurangi gula, mafaatnya sangat baik untuk tubuh kita.

3. Gula Pasir VS Brown Sugar

Apakah benar akan lebih baik memilih brown sugar dari pada gula pasir biasa? Mengapa?

Answer:

Gula yang dikenal sehari-hari sebagai gula pasir adalah sukrosa yang dibuat dari tebu sedangkan brown sugar adalah gula pasir yang diberi molasses atau gula tetes tebu. Brown sugar mengandung mineral lebih banyak dibanding dengan gula putih, tetapi hal itu karena adanya tambahan gula tetes tebu.

 1 sendok teh gula pasir mngandung 16 kalori, sedangkan 1 sendok teh brown sugar mengandung 15 kalori. Perbedaanya tidak jauh hanya berbeda 1 kalori saja. Hal ini berarti belum membuktikan bahwa brown sugar lebih baik untuk mereka yang ingin membatasi asupan kalorinya.

4. snack crispy crackers VS Kacang Almond

Apakah benar akan lebih baik memilih camilan kacang2an ketimbang kita makan crakers? Mangapa?

Answer:

Kalo disuruh milih ngemil kacang almond atau crackers, saya akan lebih memilih ngemil pake kacang almond. Bandingkan saja dalam 100 gr snack crispy crackers mengandung 500 kalori, sedangkan 1 ons (22 biji utuh) kacang almond panggang kering tanpa garam mengandung 169 kalori.  Jauh kan perbedaanya.

Selain kalori yang terkandung didalamnya, kacang almond memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Kacang almond kaya vitamin vitamin E, kalsium, fosfor, besi, magnesium, seng, selenium, tembaga dan niacin. Almond mengandung nutrisi paling banyak, jika dibandingkan dengan semua jenis kacang lainnya. Dalam  1 ons kacang almond mengandung lemak jenuh sebesar 1,147g, lemak tak jenuh ganda 3,586 g dan lemak tak jenuh tunggal sebesar 9,542 g sedangkan dalam 100 gr crackers mengandung lemak sebesar 8 g.

5. Ceasar Salad Dressing Vs Classic Salad dengan mayonnaise

Apakah benar akan lebih baik atau lebih sehat mengonsumsi ceasar salad dibandingkan classic salad dengan mayonnaise?

Answer:

Dalam 1 ons Caesar salad dressing mengandung 150 kalori dengan lemak

 

6. Karedok VS Gado Gado

Antara kedua makanan ini lebih 'sehat' yang mana, ya, Mbak? Mengingat sayuran karedok semuanya mentah sementara untuk gado-gado sayurannya sudah direbus.

Answer:

Gado-gado dan karedok merupakan makanan Indonesia yang menjadi favorit banyak orang. Bisanya gado-gado memiliki isian sayuran matang diantaranya ada kangkung, bayam, kacang panjang, kecambah, kol,dan kentang rebus, telur rebus, serta tahu dan tempe yang dipotong kotak dadu kecil-kecil serta kerupuk sebagai pelengkapnya dan bawang goreng . Dalam satu porsi gado-gado setara 241 g mengandung 318 kal, lemak 17,86 g, karbohidrat 26,28 g, dan protein 17,22 g.

Karedok merupakan makanan berbumbu sambal kacang yang semua sayurannya mentah. Sayuran mentahnya terdiri dari kol, kecambah, kacang panjang, terung hijau, dan daun selada. Satu porsi karedok (241 g) mengandung 300 kal, lemak 16,79 g, karbohidrat 24,67 g, dan 16,53 g protein.

Melihat dari jenis bahan bakunya karedok memang lebih sehat karena hanya terdiri dari sayuran mentah tanpa ada tambahan gorengan tempe dan tahu seperti yang ada dalam gado-gado, sehingga kandungan lemaknyapun lebih sedikit dibandingkan dengan gado-gado.    

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.