Tips Agar Si Kecil Gemar Sayur dan Buah

Tips Agar Si Kecil Gemar Sayur dan Buah

Si kecil tak suka makan sayuran atau buah-buahan? Jangan kehabisan akal, jangan selalu menuruti kemauannya untuk tak menyantap sayuran dan buah. Anda harus punya taktik agar si kecil tertarik. Bagaimana caranya?

1. Beri Penjelasan Pentingnya Sayur dan Buah

Jika usia anak sudah dapat diajak berkomunikasi dengan baik, jelaskan pentingnya buah dan sayur bagi tubuh dengan bahasa yang mudah dipahami anak.

2. Pilihan Buah dan Sayur

Untuk permulaan, kenalkan sayuran dan buah yang terasa enak, tidak asam, atau tidak pahit. Dengan begitu, selanjutnya si kecil tak merasa kapok untuk menyantap buah atau sayur.

3. Beri Tambahan Rasa

Setelah brokoli, wortel, atau buncis direbus, segera tambahkan mentega atau margarin. Tambahan mentega atau margarin pada sayuran akan menghilangkan rasa pahit atau langu sayuran. Keju juga dapat ditambahkan untuk memberikan rasa gurih pada sayuran rebus.
 
4. Bentuk Menarik

Si kecil biasanya tertarik dengan bentuk-bentuk yang lucu. Potong wortel, semangka atau melon dengan cetakan bentuk bunga, binatang, atau hati. Susun potongan semangka, anggur, dan jeruk dalam satu tusuk sate, tata brokoli menjadi rambut sebuah muka, dan kreasi lainnya.

5. Selipkan pada Makanan

Bila si kecil sudah keburu antipati saat melihat bentuk sayuran utuh pada makanannya, maka jadikan sayuran atau buah dengan bentuk cincangan ke dalam makanan. Misalnya, cincang halus brokoli, bayam, wortel, dan sayuran lainnya, lalu campurkan ke dalam schotel, omelet, atau nasi goreng. Untuk buah, dapat sebagai campuran puding, es krim, atau es loli. 

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.