Tips Membersihkan Peralatan Memasak Yang Berkarat

Tips Membersihkan Peralatan Memasak Yang Berkarat

Peralatan memasak yang kita gunakan sehari-hari rawan berkarat apabila tidak dirawat dengan baik.

Tidak hanya karena material alat masak kualitasnya kurang baik, namun perawatan yang salah juga bisa membuat alat masak menjadi berkarat. Misalnya langsung disimpan ditempat tertutup dalam keadaan basah, alat masak tidak langsung dicuci setelah digunakan, atau cara mencuci yang tidak bersih.

Selain peralatan yang berkarat terlihat tidak bagus, karat pada alat masak tersebut tidak baik jika menempel pada masakan yang kita masak (kurang higienis). Biasanya masaklovers menjadi ragu apakah peralatan harus dibuang atau masih bisa dibersihkan karat yang menempel tadi.

Jangan khawatir, berikut beberapa tips menghilangkan karat pada alat memasak:

  1. Baking Soda dan Air Perasan Lemon
  2. Kentang dan Cairan Sabun Cuci Piring
  3. Cuka Putih (Vinegar) dan Garam
  4. Minuman Ringan Bersoda
  5. Asam Sitrat

Ambil perasan 1 buah lemon (yang banyak airnya), lalu campurkan dengan 2 sendok makan baking soda. Oleskan campuran tersebut pada bagian yang berkarat, diamkan sekitar 45 menit lalu gosok sampai bersih dengan menggunakan spons berbahan aluminium foil atau berbahan kawat.

Kentang, tak hanya bermanfaat sebagai bahan makanan, namun juga dapat membersihkan peralatan masak yang berkarat. Caranya, blender halus 1 buah kentang ukuran besar, lalu campurkan kentang dengan 1 sendok makan cairan sabun pencuci piring. Aduk sampai merata, lalu oleskan pada peralatan yang berkarat. Diamkan selama 1 jam, lalu gosok peralatan memasak dengan spons berbahan aluminium foil atau berbahan kawat. Masaklovers juga dapat menambahkan baking soda saat akan menggosok peralatan tersebut. Gosok berulang-ulang untuk hasil yang maksimal.

Campurkan 3 sendok makan cuka putih dengan 1 sendok makan garam. Oleskan pada bagian yang berkarat, diamkan selama 1 jam, lalu rendam dalam air hangat selama 2 jam. Kemudian gosok sampai bersih dengan spons berbahan aluminium foil atau berbahan kawat, gosong berulang-ulang untuk hasil yang maksimal.

Ternyata, minuman mengandung soda juga dapat membantu menghilangkan karat pada peralatan memasak. Caranya mudah, cukup rendam peralatan memasak dengan air soda selama 24 jam, lalu gosok sampai bersih dengan spons berbahan aluminium foil atau berbahan kawat.

Apabila Masaklovers ingin lebih praktis, bisa juga menghilangkan karat pada peralatan memasak dengan asam sitrat yang bisa dibeli di toko bahan kimia. Cukup mencampur asam sitrat dengan air lalu rendam peralatan memasak semalaman dengan campuran tersebut. Kemudian gosok berulang hingga bersih. Namun Masaklovers juga harus berhati-hati karena jika bahan kimia terkena kulit yang sensitive, dapat menyebabkan iritasi kulit. Hindari kontak langsung dengan kulit ya.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.