Tips Membuat Saus Telur Asin Sendiri

Tips Membuat Saus Telur Asin Sendiri

Saus telur asin sedang digandrungi. Apapun jadi lebih lezat saat disalut saus creamy berwarna kuning keemasan ini. Mulai dari udang, ayam, ikan, cumi, kepiting, hingga tahu yang digoreng pun jika diberi tambahan judul salted egg alias telur asin, pasti langsung makin menggiurkan. Mau bikin saus telur asin sendiri di rumah? Bisa, kok!

  1. Pilih telur asin matang yang masir (seperti berpasir) agar cita rasanya lebih gurih dan creamy.
  2. Gunakan hanya bagian kuningnya saja.
  3. Hancurkan kuning telur hingga benar-benar halus agar tekstur sausnya menjadi halus dan lembut
  4. Gunakan mentega atau margarin untuk memasak saus telur asin untuk mendapatkan cita rasa sedap dan harum.
  5. Tak perlu menggunakan banyak bumbu karena saus telur asin sudah memberikan cita rasa yang kuat. Cukup menambahkan sedikit  bawang putih cincang jika mau. Ingin pedas? Tambahkan irisan cabai rawit merah. 
  6. Jika suka, rempah daun aromatik seperti daun kari sangat klop melengkapi kesempurnaan cita rasa saus telur asin.
  7. Masak saus telur asin degan api kecil hingga berbusa. Jaga jangan sampai saus menjadi gosong karena akan memberi after taste pahit.
  8. Tambahkan sedikit susu cair putih untuk menghasilkan saus telur asin yang lebih encer,  creamy, dan lembut. Bisa juga menggunakan susu bubuk, tetapi harus menambahkan air agar tekstur saus tidak terlalu kental. 
  9. Koreksi rasa dengan tambahan garam, gula, dan merica bubuk sesuai selera. 
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.