Tips Membersihkan Peralatan Dapur dengan Garam

Tips Membersihkan Peralatan Dapur dengan Garam

Kegiatan memasak memang menyenangkan. Namun, hal tersebut seringkali membuat peralatan kotor. Berulang kali dibersihkan kadang noda masih saja menempel pada peralatan dapur. Rupanya keberadaan garam di dapur dapat menjadi solusinya. Melalui beberapa tips berikut ini, garam dapur bisa dimanfaatkan untuk membersihkan perabotan memasak. Catat baik-baik, yuk!

Noda Kopi atau Teh pada Gelas

Di balik kenikmatannya, secangkir kopi atau teh rupanya sering meninggalkan noda. Membuat gelas atau cangkir keramik yang semula putih bersih, berubah kotor dan meninggalkan bekas kopi maupun teh yang kadang sulit dibersihkan. Namun, dengan memanfaatkan garam, noda pada cangkir atau gelas dapat dihilangkan. Caranya, tinggal memasukkan garam, es batu dan air ke dalam cangkir atau gelas yang bernoda. Aduk hingga es mencair, bilas dengan air. Pungkasi dengan mencucinya menggunakan sabun agar gelas atau cangkir bekas kopi dan teh benar-benar bersih.

Oven Lebih Bersih

Bagi yang gemar membuat kue atau pun memanggang lasagna tentu sering mengalami hal ini. Cipratan adonan yang jatuh di dalamnya membuat oven menjadi kotor. Biasanya, kotoran tersebut tidak bisa dihilangkan secara mudah. Namun, dengan menaburkan garam pada area tersebut dan diamkan selama beberapa menit hingga mengeras, kotoran pada oven bisa langsung dibersihkan menggunakan spatula.

Talenan Bersih dan Steril

Salah satu benda yang sering digunakan saat memasak adalah talenan. Karena sering digunakan untuk memotong beragam bahan makanan, otomatis membuat talenan mudah kotor. Bila tidak dibersihkan secara benar, tentunya dapat menyebabkan kontaminasi bakteri. Sebagai solusinya, manfaatkan sedikit taburan garam dan lemon. Gosokkan secara merata dan bilas sampai bersih. Talenan pun bisa kembali bersih dan tentunya steril.

Panci dan Penggorengan yang Gosong

Pantat panci dan wajan yang menghitam tentu kurang elok dipandang. Namun, dengan menggunakan garam, kondisinya bisa kembali seperti saat pertama kali membelinya. Cukup dengan menaburi bagian belakang wajan atau panci yang gosong dengan garam. Diamkan selama beberapa menit. Selanjutnya, gosok dengan spons yang telah dibasahi. Jika kotorannya sudah mulai rontok, cuci hingga bersih.

Peralatan dapur yang sering dipakai tentu akan terlihat kusam atau bahkan kotor. Namun, jika dirawat dengan baik tentu saja kondisinya akan tetap prima dan tampak bersih. Termasuk salah satunya menggunakan garam dengan tips-tips yang sudah dijelaskan. (kln/kki/it)

Sources:

http://home.howstuffworks.com/home-improvement/household-hints-tips/cleaning-organizing/uses-for-salt-cleaning-your-kitchen-ga.htm

http://www.thekitchn.com/how-to-clean-wooden-cutting-boards-with-lemon-and-salt-cleaning-lessons-from-the-kitchn-195151

http://www.rd.com/home/cleaning-organizing/9-quick-kitchen-cleaning-secrets/

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.