Merawat Peralatan Makan dari Keramik

Merawat Peralatan Makan dari Keramik

Tren shabby chic kini merambah hingga ke dapur. Dan, banyak bermunculan peralatan makan berbahan keramik atau porselen dengan gaya shabby chic yang tampil dengan warna-warna lembut dan disain yang manis. Acara makan pun terasa makin menyenangkan. Namun, karena mudah ternoda, maka butuh perhatian lebih saat membersihkannya dan simak beberapa tips berikut ini untuk merawat koleksi peralatan makan keramik di rumah.

Hilangkan Debu

Koleksi peralatan makan, berupa cangkir, teko, atau mangkuk, dapat memerangkap debu di sudut-sudutnya. Untuk menghilangkan debu ini, lap dulu dengan kain kering berbahan microfiber, di mana muatan negatifnya membantu menarik debu dari permukaannya. Selanjutnya, cuci peranti keramik dengan air sabun hangat atau campuran air perasan jeruk lemon dan garam.

Hindari menggunakan air yang terlalu panas, karena dapat menyebabkan keretakan halus di permukaan keramik. Selain itu, lakukan pencucian di dalam mangkuk plastik, atau tambahkan alas karet di bawahnya. Benturan kecil pada permukaan yang keras dapat merusak koleksi keramik shabby chic Anda.

Menghapus Noda

Kopi atau teh dapat meninggalkan noda kecokelatan pada cangkir keramik. Untuk menghapusnya hanya diperlukan bahan-bahan yang biasanya tersedia di dapur, yaitu cuka dan garam. Campur kedua bahan tersebut dengan perbandingan jumlah yang sama, lalu gosokkan  pada bagian yang terkena noda, dan bilas hingga bersih.

Soda kue juga bisa digunakan untuk membuat peralatan makan berbahan keramik ini kembali cantik. Pertama, basahi peralatan makan dengan cuka, lalu basahi lap dengan air dan celupkan ke dalam soda kue. Usapkan ke atas permukaan yang bernoda hingga bersih.

Hindari Penggunaan Bahan Kimia

Hindari pemutih dan bahan pembersih kimia untuk membersihkan keramik, karena dapat menggerus permukaan peralatan makan. Begitu juga penggunaan spons kawat atau bertekstur kasar, dapat berisiko menggores permukaan keramik. Untuk menghilangkan noda membandel, rendam peralatan makan dalam larutan cuka dan garam lebih lama.

Peralatan Makan dengan Pinggiran Emas

Untuk membersihkan piring dengan tepian warna emas, gunakan pembersih karet, lalu cuci dengan cairan pencuci piring yang lembut. Jika tidak cukup menghilangkan noda makanan, cobalah menggunakan campuran soda kue dan air. Gunakan lap kain lembut untuk membersihkannya, lalu bilas dan keringkan.

Noda Logam

Peralatan makan berbahan keramik sebaiknya dihindarkan dari peralatan lainnya berbahan logam, terutama alumunium. Sebab, jika kedua jenis piranti ini bersinggungan dalam waktu lama dapat meninggalkan noda berupa goresan berwarna abu-abu. Walau agak sulit  dihilangkan, jangan menyerah. Gunakan saja bubuk pencuci piring dan gosokkan perlahan pada noda, tapi hindari menggosok bagian dekoratif di tepiannya.

Walau sedikit tricky, gunakan beberapa tips ini untuk membersihkan dan merawat koleksiperalatan makan dari keramik gaya shabby chic kesayangan Anda.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.