Masak ala Chef

Masak ala Chef

Sebagai ratu dapur yang setiap hari berteman dengan kompor dan kawan-kawannya,  Anda tak boleh kehabisan ide brilian. Sehari 3 kali, meja makan Anda harus selalu terisi dengan sajian lezat untuk keluarga. Yuk, intip cara masak ala chef yang bisa Anda jadikan inspirasi agar Anda tak mati gaya!

  • Berani bereksperimen
    Chef tak boleh kehabisan ide. Apapun bahan yang ada di dapur, harus bisa diolah menjadi hidangan istimewa. Apa rahasianya? Banyak membaca dan melihat. Jangan bosan menonton acara masak di televisi (lokal ataupun internasional) dan rajin membuka halaman resep di www.masakapaya.com dan juga social media MasakApaYa. Inspirasi bisa datang dari mana saja.
  • Gunakan alat ukur yang tepat
    Khusus untuk membuat kue, takaran harus tepat sesuai resep. Anda harus menggunakan timbangan dan sendok ukur yang tepat. Jika dalam resep tertulis ukuran dalam sendok makan, jangan gunakan sendok makan yang biasa Anda gunakan untuk makan. Ukuran sendok makan yang tertulis dalam resep adalah sendok makan ala sendok ukur (measuring spoon). Begitu juga jika tertulis ukuran dalam sendok teh. Kalau ada resep yang menulis ukuran dalam cup, gunakan cup ukur (measuring cup). Atau,  googling tabel konversi ukuran cup menjadi gram atau mililiter.
  • Sajikan set menu yang tak biasa
    Sesekali sajikan hidangan non nasi untuk variasi cita rasa. Sumber karbo bisa didapat dari bahan lain selain nasi. Ada kentang, mi ataupun pasta. Kalau biasanya menu makanan terhidang sekaligus untuk dimakan bersama dalam satu piring, coba hidangkan makanan satu per satu, ala makanan barat. Misalnya, semangkuk sup sayuran tersaji dalam mangkuk kecil per porsi sebagai pembuka, kemudian hidangan makanan utama tanpa nasi seperti Selat Solo, Pasta Aglio Olio, Ifumi Seafood atau Mi Ayam Lada Hitam. Terakhir, hidangkan puding istimewa sebagai hidangan penutup. Agar tampil lebih modis, puding bisa disajikan dalam gelas individual atau ramekin (mangkuk tahan panas yang bisa dipakai dalam oven dan microwave).
  • Keluarkan alat masak dari lemari!
    Jangan biarkan peralatan dapur yang Anda miliki hanya menjadi pajangan di lemari. Dalam satu kesempatan, keluarkan panci presto untuk membuat Sup Buntut Balado, alat penggiling pasta/mi untuk membuat fettuccine bayam atau food processor untuk membuat adonan bakso hingga adonan pie. Jika peralatan masak yang digunakan hanya itu-itu saja, tentu menu yang dihasilkan pun kurang bervariasi. 
  • Gunakan peralatan makan mix and match
    Keluarkan juga koleksi piring, mangkuk dan gelas Anda. Sah-sah saja  memadupadankan warna dan motif yang senada untuk menghasilkan paduan yang menarik. Meskipun sepele, alat makan yang tak biasa ikut berperan membuat petualangan santap terasa jadi lebih istimewa.
  • Tata makanan dengan cantik 
    Anda dan keluarga pasti senang melihat makanan yang tersaji dari dapur resto atau hotel berbintang. Walaupun cuma makanan biasa, tetapi saat terhidang di piring dengan tatanan yang cantik, kesan yang didapat jadi luar biasa. Nah, Anda juga bisa mempraktikkannya di rumah. Tak hanya makanan barat saja yang bisa ditata menarik, makanan Indonesia juga bisa tampil menawan. Ambil smartphone Anda, cari inspirasi plating  yang menarik hati.





     

     

    Masak Apa Ya?

    Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.