Mengenal Macam-Macam Pasta dan Cara Memasaknya

Mengenal Macam-Macam Pasta dan Cara Memasaknya

Selain mie, apa kira-kira makanan serupa yang cukup digemari masyarakat Indonesia? Boleh jadi jawabannya adalah pasta. Bisa dibilang pasta yang biasa digunakan untuk spaghetti merupakan bentuk sajian mie yang lebih premium. Jika semangkuk mie bisa didapatkan mulai di warung sampai kafe, maka sajian pasta bisa diperoleh dari kafe hingga restoran mewah. Namun, belakangan sudah ada beragam pasta instan yang bisa dibeli dan dimasak sendiri di rumah, sehingga setiap orang bisa menikmatinya dengan harga yang lebih terjangkau.

Meski begitu, sebagian orang masih memahami bila pasta berbentuk mie saja. Padahal, menurut Kathy Maister, chef sekaligus Editorial Director dari Start Cooking, pasta memiliki bentuk dan cara masak yang berbeda, seperti pada ulasan berikut ini.

Angel Hair

Mungkin terdengar kurang umum, tapi di antara semua pasta, jenis inilah yang paling mirip mie. Angel hair bertekstur lembut dan menggelung seperti rambut. Untuk memasaknya, cukup selama 3-5 menit, baru kemudian dicampur dengan saus tomat, olive oil, cream atau seafood.

Elbow Macaroni

Atau akrab disebut makaroni saja, merupakan pasta yang menyerupai siku dan berongga bagian tengahnya. Makaroni lebih tepat dipanggang dengan keju atau mentega. Enak juga dijadikan campuran sup.

Fettuccine

Fettuccine juga dikenal sebagai mie telur. Tidak seperti spaghetti, fettuccine berbentuk pipih. Waktu yang tepat untuk memasaknya antara 10-12 menit. Pasta ini lebih nikmat jika disajikan dengan saus yang dilengkapi daging, krim maupun keju.

Fusilli

Ada juga pasta yang berbentuk spiral atau yang dinamakan fusilli. Agar matangnya pas, Anda perlu memasak fusilli selama 8-10 menit. Paling enak dipanggang dan dijadikan campuran salad. Selain itu, fusilli juga nikmat disajikan dengan campuran seafood.

Penne

Bentuknya menyerupai diagonal dengan rongga pada bagian tengahnya. Sebelum disajikan dengan beragam saus, daging, krim maupun sayur, masak pasta ini selama 10-12 menit.

Spaghetti

Ini dia pasta yang paling banyak dikenal. Berbentuk silindris, tipis dan panjang. Spaghetti enak dicampur dengan saus tomat, daging maupun seafood. Sebelum itu, masak selama 9-11 menit agar tingkat kematangannya pas.

Beruntungnya, beberapa jenis pasta tersebut kini sudah bisa diperoleh secara mudah di supermarket. Bahkan, beberapa pasta tersedia lengkap dengan sausnya, sehingga bisa langsung dimasak tanpa perlu repot lagi memikirkan saus dan campuran untuk sajiannya. Tidak begitu sulit memasaknya bukan? (kln/it)

Sumber:

http://www.realsimple.com/food-recipes/shopping-storing/food/common-types-pasta/spaghetti-1

http://startcooking.com/different-types-of-pasta

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.