Pilah-Pilih Sumber Protein untuk Hidangan Natal

Pilah-Pilih Sumber Protein untuk Hidangan Natal

Setiap perayaan hari besar keagamaan memiliki hidangan khas masing-masing yang mampu menambah kehangatan saat berkumpul bersama keluarga. Seperti halnya opor ayam di Hari Raya Lebaran, ada juga beberapa makanan khas kaya protein yang tersaji di meja jamuan Natal. Simak variasi menu lezat dan sehat berikut ini.

Kalkun Panggang

Selain menjadi menu utama saat perayaan Thanksgiving, negara-negara di Eropa maupun Amerika juga sering menyajikan kalkun panggang sebagai menu makan malam di hari Natal. Rasanya yang lezat dan mewah banyak dipilih sebagai sumber protein. Menurut situs authoritynutrition.com, dalam 85 gram daging dada kalkun, terkandung 24 gram protein dengan 146 kalori.

Beef Wellington

Dipopulerkan oleh chef kenamaan Gordon Ramsay, Beef Wellington merupakan menu khas Inggris yang menuntut keahlian dan keterampilan memasak yang tinggi. Daging sapi tanpa lemak yang tebal dibalut dengan kulit pastry yang renyah, membuat siapa saja tergoda untuk menyantapnya. David Perlmutter, M.D. yang juga menulis Brain Maker mencatat adanya 22.5 gram protein dalam 100 gramdaging sapi bebas lemak.

Egg Tart

Walau terkadang dianggap sebagai camilan, egg tart dapat disajikan sebagai menu sarapan yang sehat dan mengenyangkan. Kulit pastry yang renyah dengan isian telur dan aneka sayuran membuat sajian yang satu ini jadi sajian favorit keluarga saat Natal. Meskipun dianggap memiliki kandungan kolesterol tinggi, Mary Dan Eades, M.D., penulis Protein Power menekankan adanya 6 gram protein dalam setiap butir telur, yang baik bagi kesehatan tubuh.

Sup Kacang Polong

Sajian sederhana ini menjadi makanan pembuka yang sempurna, karena rasanya yang lezat dan kaya nutrisi. Di antara sayuran lainnya, Mary mencatat kandungan protein tertinggi di dalamnya, sekitar 10 gram per cangkir kacang polong, membuatnya menjadi salah satu protein nabati paling penting. Selain itu, kacang polong juga mengandung glutamine, asam amino yang bertugas membantu memperbaiki kondisi otot tubuh setelah berolahraga atau beraktivitas berat.

Baked Salmon

Jika sedang menjalani program diet, memilih salmon sebagai bahan utama menu Natal adalah pilihan yang tepat. Selain rasanya yang lezat, nutrisi yang terkandung juga beragam. Mulai dari asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung, juga kaya kandungan protein dengan 19 gram per 85 gram penyajian.

Mumpung sedang merayakan hari Natal, ini saatnya mengeluarkan kemampuan memasak yang dimiliki dan memukau anggota keluarga dengan kelezatan menu tinggi protein.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.