Memilih Pisau Dapur Ada Caranya

Memilih Pisau Dapur Ada Caranya

Jika tentara memiliki senapan sebagai nyawanya, maka chef akan mengatakan pisaulah jawabannya. Kenyamanan dalam memasak salah satunya ditentukan oleh kenyamanan pisau. Tidak hanya tajam, namun Anda juga harus menyesuaikan bentuk pisau dengan kebutuhan. Pisau untuk mencincang tentu tidak sama dengan pisau yang digunakan untuk memotong. Apa sih bedanya? Yuk tambah ilmu dengan menyimak paparan berikut.

  1. Perhatikan berat, keseimbangan dan ukuran pisau tersebut di tangan Anda
  2. Pilihlah pisau yang tidak terlalu berat atau sesuai dengan kekuatan Anda.
  3. Keseimbangan pisau dengan gagangnya pun sangat penting, karena pisau yang tidak seimbang menuntut Anda bekerja lebih keras.
  4. Lalu bagaimana dengan ukurannya? Pisau yang digunakan di rumah kebanyakan yang berukuran 20 cm karena sesuai dengan kebutuhan. Tapi, jika Anda merasa nyaman dengan yang lebih panjang itu boleh saja kok. Untuk mengupas bawang pun akan lebih cepat jika digunakan pisau yang lebih pendek, misalnya ukuran 10 cm.

Pisau terdiri dari beberapa bagian yang penting untuk dipertimbangkan sebelum membelinya, yakni pegangan, bahu, tumit, tulang belakang, dan mata pisau.

  1. Pada bagian pegangan, pastikan tidak terasa licin saat basah dan ukurannya tepat saat Anda genggam. Ada beberapa pisau yang memiliki lekukan untuk jari tangan, nah sebaiknya Anda memilih yang demikian.
  2. Bahu pisau adalah sekat di antara pisau dan pegangan. Lihatlah kekuatannya saat digunakan untuk mengiris. Jika dia tidak bergerak, maka bahu itu cukup kuat untuk memotong sesuatu yang keras, seperti tulang ayam.

Nah, siap untuk berbelanja pisau untuk dapur Anda?

Sumber:

http://www.finecooking.com/articles/how-to-choose-chefs-knife.aspx?pg=4

http://www.reluctantgourmet.com/cutlery-choosing-the-right-kitchen-knives/

http://www.cutleryguide.com/how-to-choose-a-knife-set

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.