Menghias Bekal Si Kecil untuk Upacara 17 Agustus

Menghias Bekal Si Kecil untuk Upacara 17 Agustus

Mempersiapkan bekal makan siang untuk si kecil memang gampang-gampang susah. Selain harus memperhatikan porsi dan nilai nutrisi, para ibu juga dituntut untuk kreatif dalam  penampilannnya agar anak tertarik untuk menyantapnya. Mumpung sebentar lagi ada perayaan hari kemerdekaan Indonesia, gunakan momen tersebut sebagai ide menghias bekal makan siang untuk sang buah hati.

 

Kreasi Bento

Bento dikenal sebagai salah satu kebiasaan masyarakat Jepang dalam mempersiapkan dan mengemas makanannya. Kini, bento berkembang menjadi seni yang membuat tampilan makanan kian menarik. Untuk tema upacara 17 Agustus, coba tata dan gabungkan nasi putih dan nasi beras merah hingga menyerupai bentuk bendera. Lanjutkan dengan menambahkan hiasan berupa orang-orangan yang diberi nori atau rumput laut kering, dan ditata semirip mungkin dengan pejuang kemerdekaan.

 

Sandwich

Si kecil lebih menyukai bekal berupa roti? Don’t worry, Anda juga bisa kok memasukkan tema perayaan kemerdekaan Indonesia ke dalamnya. Mulai dari mengoles permukaan roti sebagian dengan cream cheese dan sisanya menggunakan selai stroberi. Atau bisa juga dengan menata potongan pisang dan stroberi segar hingga menyerupai bendera negara.

 

Makanan Penutup

Untuk si kecil yang menyukai sajian manis, siapkan makanan lezat namun tetap bergizi, yang terinspirasi dari tema 17 Agustus. Mulai dari memadukan yoghurt favoritnya dengan buah berwarna merah seperti stroberi, atau membuatkan puding susu dan dengan hiasan manisan ceri merah.

Jika waktu Anda terbatas, persiapkan buah potong yang didominasi warna putih dan merah, contohnya pisang, buah naga putih, stroberi, dan semangka. Atau coba bekali si kecil dengan jus buah buatan sendiri, seperti campuran buah sirsak dan jambu biji merah yang tidak hanya menyegarkan tapi juga kaya nutrisi.

 

Tumpeng Khas Indonesia

Perayaan kemerdekaan Indonesia memang tidak bisa lepas dari tumpeng. Perkenalkan si kecil pada kekayaan kuliner Nusantara dengan mengisi kotak bekalnya dengan nasi kuning yang dibentuk kerucut seperti tumpeng berukuran mungil dan aneka lauk pendampingnya. Mulai dari ayam goreng, kering tempe, acar kuning, potongan telur dadar, dan perkedel kentang. Agar makin cantik, jangan lupa hias dengan irisan timun dan tomat yang ditata menyerupai umbul-umbul.

 

Dandani bekal makan siang si kecil secantik dan semenarik mungkin dengan menyelipkan tema upacara 17 Agustus ini. Yuk tuangkan kreatifitas yang dimiliki dan persiapkan dengan penuh cinta.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.