Nutrisi Sehat Untuk Kesehatan Gigi

Nutrisi Sehat Untuk Kesehatan Gigi

Setiap orang tentu ingin memiliki gigi yang sehat, termasuk Anda kan? Kesehatan gigi memang menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan, terutama sejak masa kanak-kanak. Kebiasaan buruk anak yang gemar mengonsumsi makanan manis kerap membuat giginya menjadi rusak. Nah, bila Anda ingin kesehatan gigi keluarga senantiasa terjaga, ikuti ulasan berikut ini.

1. Jangan lupakan serat
Buah dan sayur menjadi sumber serat yang sangat baik untuk dikonsumsi. Makanan ini sangat banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat beragam. Pilihlah buah dan sayur yang memiliki kandungan air yang banyak, seperti buah pir, melon dan timun. Nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa menjaga gigi tetap sehat setiap saat. Selain itu, makanan ini juga mengandung fruktosa, sejenis gula alami dalam buah dan sayur, yang bisa membentuk energi tanpa menyebabkan kerusakan pada gigi.

2. Hidangkan keju dalam menu makan
Keju bisa membantu menurunkan kadar saliva atau air liur dalam mulut, sehingga bisa menjaga gigi tetap bersih dari partikel makanan yang terselip. Cobalah menghadirkan keju dalam setiap menu makan Anda dan keluarga. Cheddar dan Monterey Jack bisa menjadi pilihan keju yang baik.

3. Kalsium penting untuk gigi
Brokoli, yoghurt dan susu merupakan sumber kalsium yang baik untuk menjaga gigi tetap kuat. Dengan rajin mengonsumsi memakan ini, gigi tidak mudah keropos. Kalsium membantu pembentukan jaringan pada gigi. Kombinasi vitamin D, sinar matahari, dan kalsium ini membantu membentuk struktur gigi yang padat, di samping tulang yang kokoh.

Selain mengonsumsi makanan sehat tersebut, tentunya hindari juga makanan yang kerap membuat gigi rusak. Camilan manis dan chewy, seperti gulali dan permen karet, bisa memicu kerusakan gigi lebih cepat. Terlebih, jika hal tersebut terjadi pada anak-anak. Sebaiknya, ganti camilan si kecil dan keluraga dengan makanan yang lebih sehat. Potongan buah segar maupun salad sayur bisa menjadi pilihan yang sehat.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.