10 Alasan Telur Baik untuk Tubuh si Kecil

10 Alasan Telur Baik untuk Tubuh si Kecil

Telur diketahui sebagai salah satu sumber makanan bergizi. Menurut riset yang dilakukan di University of Pennsylvania School of Nursing, Amerika Serikat, kandungan protein dalam telur termasuk yang paling besar dibandingkan makanan lain. Lebih dari itu, telur ternyata punya manfaat yang sangat baik untuk tubuh si kecil. Berikut 10 alasan lengkapnya.

Menu Sarapan yang Tepat

Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, dengan mengonsumsi telur untuk sarapan, membuat si kecil merasa kenyang lebih lama.

Tidak Menyebabkan Kegemukan

Sekalipun mengandung protein yang melimpah, kandungan kalori pada telur ternyata tidak besar. Meski dikonsumsi secara rutin, tidak membuat si kecil lantas mengalami kegemukan.

Menunjang Kesehatan Mata

Selain protein, telur juga mengandung vitamin A. Seperti diketahui, vitamin ini bermanfaat untuk menunjang kesehatan mata.

Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Jadi, jangan bosan menyajikan telur dalam menu makan si kecil, minimal dalam menu sarapannya.

Mendukung Pertumbuhan Tulang

Telur juga mengandung vitamin D yang berguna untuk mendukung pertumbuhan tulangnya. Buat si kecil, vitamin ini amat penting karena mendukung kelancaran tumbuh kembangnya.

Menjaga Kekuatan Gigi

Di samping untuk menguatkan tulang, vitamin D dalam telur juga berperan penting dalam menunjang pertumbuhan dan mempertahankan kekuatan gigi.

Membangun Otot Tubuh

Lancar tidaknya pertumbuhan anak, bisa dilihat dari pertambahan tinggi dan berat badannya. Adanya protein yang terkandung di dalam telur dapat memaksimalkan pembentukan otot tubuh si kecil. Anak pun tumbuh dengan proporsi badan yang ideal.

Mengembangkan Fungsi Otak

Di dalam telur juga tersimpan nutrisi yang dinamakan kolin. Bermanfaat membantu mengembangkan fungsi otak si kecil, agar tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung perlu diperhatikan sejak dini. Kehadiran kolin di dalam telur dapat membantu menjaga kesehatan jantung buah hati sedari sekarang.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Nutrisi yang tidak kalah penting bagi tubuh si kecil, dan juga terkandung dalam telur adalah selenium. Mineral esensial ini mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Ahli gizi Pritasari, SKM, M.Sc, menjelaskan bahwa untuk mengambil manfaat terpenting telur untuk tubuh si kecil, sajikan telur dalam menu makan sejak anak berusia 8 tahun. Mulailah dengan menyajikan kuning telurnya lebih dulu, baru berlanjut ke putih telur.

Menurut dosen yang juga pengurus Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Ahli gizi tersebut, langkah ini bertujuan untuk mengetahui apakah si kecil punya alergi pada telur atau tidak. Hingga usia remaja, konsumsi telur untuk anak-anak diperbolehkan sehari sekali.

Jadi, tunggu apalagi, yuk, sajikan telur dalam menu makan si kecil secara rutin.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.