Trik Menyimpan Buah dan Sayur agar Tetap Segar

Trik Menyimpan Buah dan Sayur agar Tetap Segar

Mengonsumsi buah dan sayur memang dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat. Sayangnya, dua jenis makanan tersebut tidak dapat bertahan lama. Dalam jangka waktu tertentu, buah dan sayur akan menjadi layu hingga busuk. Nah, agar kesegarannya tetap terjaga, simak trik penyimpanannya sebagai berikut.

Simpan di Luar Kulkas

Tidak semua sayur dan buah bisa disimpan di dalam kulkas. Salah satunya adalah tomat. Bahkan, menyimpan tomat di kulkas dalam waktu lama dapat membuat tekstur dan rasanya berubah. Cukup meletakkannya pada wadah diselipi dengan tisu. Pastikan bagian batangnya berada di atas agar tetap segar.  Begitu juga dengan melon yang masih utuh, menyimpannya pada suhu ruang akan membuatnya lebih awet dan rasanya terjaga.

Membungkus Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung beragam nutrisi terutama vitamin dan mineral yang mudah sekali hilang. Tidak heran jika bahan tersebut harus segera dikonsumsi, paling lama adalah dua hari setelah pembelian. Nah, jika terbiasa membeli sayur dalam jumlah banyak untuk stok mingguan, simpanlah dengan benar. Bungkus setiap sayur yang masih segar menggunakan tisu tanpa harus mencucinya. Kemudian, masukkan ke dalam kantong plastik tertutup dan simpan di dalam kulkas. Namun, jangan lupa membuang bagian yang rusak atau busuk sebelum membungkusnya.

Bekukan Buah dan Sayur

Selain dua cara tersebut, membekukan sayur dan buah juga layak untuk dicoba. Cukup potong bahan tersebut menjadi beberapa bagian. Rendam pada air panas terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk membersihkan sayur dan buah dari bakteri. Setelah itu, tiriskan hingga benar-benar kering. Masukkan ke dalam kantong plastik tertutup dan simpan di dalam freezer.

Simpan di Tempat Gelap dan Kering

Tidak semua sayur dan buah menjadi lebih segar saat diletakkan di tempat yang terang. Salah satunya adalah jeruk. Buah satu ini justru lebih awet jika disimpan di tempat yang gelap dan kering. Cara untuk menyiasatinya cukup mudah. Masukkan jeruk ke dalam kantong plastik berwarna hitam, dan simpan di dalam lemari es. Pastikan untuk meletakkannya di bagian paling bawah.

Kesegaran sayuran dan buah-buahan memang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak heran jika banyak orang gemar mengonsumsi kedua bahan makanan tersebut. Agar kesegarannya dapat terjaga dalam jangka waktu yang cukup lama, terapkan beberapa trik yang sudah dijelaskan tersebut, ya. Selamat mencoba!

 

Sources:

http://www.popsugar.com/fitness/How-Keep-Fruits-Vegetables-Fresh-8633030

http://inhabitat.com/6-ways-to-keep-your-fruits-and-veggies-fresher-for-longer/

http://www.heart.org/HEARTORG/GettingHealthy/NutritionCenter/HealthyCooking/Keep-Fruits-Vegetables-Fresher-Longer_UCM_445190_Article.jsp#.VkqTzFcxihM

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.