Menjaga Nurisi Buah Dalam Kulkas

Menjaga Nurisi Buah Dalam Kulkas

Mengonsumsi buah dan sayur secara rutin setiap hari, sangat bermanfaat dan menyehatkan. Namun, ketika Anda sibuk maka mau tidak mau harus selalu membeli buah dalam jumlah banyak sekaligus dan menyimpannya dalam kulkas. Tahukah Anda, menyimpan makanan dalam kulkas dapat menguapkan nutrisinya. Bagaimana dengan buah? Tidak terkecuali, nutrisi dalam buah pun dapat berkurang jika terlalu lama disimpan dalam kulkas. Terutama, jika Anda sudah terlanjur mengupasnya. Jangan terburu bingung dulu, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya tetap segar meski sudah menyimpannya di dalam kulkas.

  1. Jangan mencuci buah-buahan yang akan disimpan dalam kulkas. Hal ini dapat membuatnya membusuk lebih cepat. Jadi, biarkan kondisi mereka apa adanya saja untuk sementara. Cucilah buah-buahan tersebut jika Anda akan mengonsumsinya.
  2. Simpan buah dan sayur dalam kantong plastik yang diberi beberapa lubang kecil untuk sirkulasi udara buah-buahan tersebut.
  3. Jangan simpan sayur dan buah secara berdekatan. Sebaiknya taruh di dalam boks terpisah.

Kenali sifat dari buah-buahan agar Anda lebih mudah menangani penyimpanannya. Ada beberapa buah yang memproduksi gas etilen, yakni gas yang dapat memicu pematangan buah meski dalam suhu dingin. Buah-buah tersebut antara lain adalah apel dan pisang. Nah, jika Anda menyukai dua macam buah tersebut, sebaiknya pisahkan dari buah-buahan lain jika Anda tidak ingin semua buah matang lebih cepat. Jangan lupa untuk membungkusnya dengan kertas untuk melindunginya. Agar Anda tetap bisa menikmati buah-buahan dalam kondisi yang segar, sebaiknya jangan menyimpan lebih dari seminggu atau 7 hari ya. Membeli buah-buahan memang membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan makanan sehari-hari. Namun, jika dibandingkan dengan kesehatan tubuh Anda, dijamin akan jauh lebih murah, lho. Selamat menikmati hidup sehat!

Sumber:

http://www.sparkpeople.com/resource/nutrition_articles.asp?id=1103

http://www.heart.org/HEARTORG/GettingHealthy/NutritionCenter/HealthyCooking/Keep-Fruits-Vegetables-Fresher-Longer_UCM_445190_Article.jsp

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.