Mengenal Jenis Teh

Mengenal Jenis Teh

Menikmati secangkir teh hangat adalah salah satu rutinitas favorit Anda? Meskipun cukup akrab dengan minuman teh, boleh jadi banyak orang yang tidak tahu jenis teh apa yang biasa diminumnya. Mungkin jenis teh yang terpikir adalah teh beraroma melati, vanila atau buah-buahan. Sebenarnya, secara umum, jenis teh dikategorikan berdasarkan metode dan cara pengolahan daun tehnya, bukan dari aromanya.

Teh berasal dari pucuk daun muda tanaman teh (Camelia Sinensis). Perbedaan metode dan cara pengolahan daun teh menghasilkan 4 jenis teh dengan aroma, rasa, cara penyeduhan yang juga berbeda. 

1. Teh Hijau

Jenis teh ini didapat dari bagian pucuk muda daun teh yang tidak mengalami proses oksidasi, hanya melalui proses pengeringan. Daun teh hanya dipanaskan dengan cara disangrai/dipanggang (cara kering) atau dengan dikukus (cara basah). Untuk mendapatkan aroma khas dan rasa teh hijau terbaik, sebaiknya daun teh diseduh dengan air bersuhu 70-800C selama 2 - 3 menit saja. 

2. Teh Hitam

Merupakan jenis teh yang paling banyak diproduksi di Indonesia. Teh ini mengalami proses oksidasi penuh. Tahap pengolahannya cukup panjang dan memakan waktu cukup lama. Proses oksidasi ini yang memberi warna dan rasa pada teh hitam. Lamanya proses oksidasi ini sangat menentukan kualitas teh yang dihasilkan. Teh hitam paling baik diseduh dengan air bersuhu antara 90-950C selama 3-5 menit.

3. Teh Oolong

Teh oolong mengalami proses semi oksidasi. Kebanyakan jenis teh ini dihasilkan di perkebunan teh di Cina dan Taiwan. Oolong dalam bahasa Cina berarti naga hitam. Teh ini diberi nama oolong karena daunnya mirip naga hitam kecil yang akan terbangun ketika diseduh. Jenis teh ini sebaiknya diseduh pada suhu 85-900C selama 3-5 menit.

4. Teh Putih

Sama seperti teh hijau, teh putih juga tidak mengalami proses oksidasi. Diambil hanya dari daun teh pilihan yang dipetik dan dipanen sebelum benar-benar mekar, masih berupa kuncup yang masih ditutupi seperti rambut putih yang halus. Proses pengeringan daun teh dilakukan dengan sangat singkat. Teh putih paling baik diseduh dengan metode cold brew atau seduh dingin. Caranya, ambil sejumput teh putih, masukkan dalam wadah keramik atau kaca. Seduh dengan air matang bersuhu ruang kemudian diamkan selama 12 jam di dalam lemari pendingin. 

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.