Siap Menyambut Tamu Di Hari Raya

Siap Menyambut Tamu Di Hari Raya

Menjamu kerabat, saudara, atau teman pada Hari Raya di rumah sering disebut dengan istilah open house. Selain untuk berbagi rejeki saat momen Hari Raya, open house juga merupakan ajang silaturahmi. Supaya acara open house Anda berkesan bagi tamu maupun tuan rumah, baca dulu catatan-catatan berikut ini:

Pilih-pilih Menu

  • Pilih menu makanan yang sekiranya dapat diterima semua selera, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Meski harus diterima di lidah semua orang, bukan berarti Anda mesti menyajikan menu yang terlalu ‘biasa’. Makanan khas lebaran seperti opor, sambal goreng memang favorit, tapi menu tersebut pastinya baru saja dinikmati para tamu di rumah mereka. Suguhkan juga menu lain yang pasti disuka, misalnya soto, bakso, bistik, ayam atau lainnya.
  • Setelah sebulan berpuasa dan seringkali berbuka dengan makanan manis dan bersantan, biasanya suguhan ringan dan segar saat Hari Raya banyak dicari. Sediakan minuman squash, sirup dengan buah-buah atau infuse water, air putih dengan tambahan buah-buah segar, stroberi, jeruk atau mentimun. Asinan dan salad buah, juga bisa jadi pilihan.
  • Tentukan sejak jauh hari, Anda akan memasak sendiri atau menggunakan jasa katering, mengingat saat hari raya banyak penjual makanan dan pasar yang tutup. Bila akan masak sendiri, cicil masakan tahan lama sebelum hari H. Kalau tidak ingin repot, jasa katering akan sangat membantu, selain menyediakan makanan juga semua peralatan makan. Segera pesan sejak jauh hari, karena tidak semua katering memberi layanan selama masa perayaan Hari Raya.

Rumah Bersih dan Nyaman

  • Bersihkan seluruh rumah, mulai dari bagian dalam hingga halaman rumah. Cuci tirai-tirai jendela dan sarung bantal sofa. Tata rumah dengan apik.
  • Letakkan pengharum ruangan, seperti aromaterapi atau lilin pengharum ruangan.
  • Perhatikan kebersihan kamar mandi. Beri pengharum, tisu dan tempat sampah.
  • Sediakan meja piring kotor dan tempat sampah di beberapa bagian ruangan, dengan begitu kebersihan rumah akan tetap terjaga meski dalam keadaan ramai tamu.

Percantik Tatanan Meja Jamuan

  • Tentukan gaya penataan meja, etnik khas suatu daerah, Timur Tengah, atau modern.
  • Untuk tatanan gaya etnik, manfaatkan kain koleksi di lemari. Tutup meja dengan kain polos, lalu tambahkan kain tradisional koleksi Anda sebagai runner.
  • Idul Fitri identik dengan suasana Timur Tengah. Bila gaya ini pilihannya, gunakan kain-kain berwarna emas sebagai aksen. Bisa sebagai runner meja atau diikatkan pada vas bunga. Tambahkan beberapa peralatan makan berbahan perak atau warna emas khas Timur Tengah, misalnya letakkan mangkuk sambal dan acar pada nampan perak.
  • Beri rangkaian bunga segar pada meja. Tak perlu rangkaian yang mahal, Anda bisa merangkainya sendiri dengan memadukan beberapa jenis bunga, lalu masukkan ke dalam vas.
  • Bila perabotan yang dimiliki terbatas, saatnya Anda berpikir kreatif dengan memanfaatkan yang ada. Seperti stoples besar dan tinggi untuk wadah minuman dan sendok sayur bergagang panjang untuk mengambil minuman. Lalu pitcher air sebagai vas bunga, gelas untuk wadah lilin. 

Catatan Tambahan:

  • Siapkan amplop berisi uang untuk tamu-tamu cilik, karena ini hal yang paling mereka tunggu di Hari Raya.
  • Sebagai tuan rumah, Anda harus menyambut tamu-tamu dengan baik. Jangan repot sendiri mengurus urusan domestik, seperti makanan dan lainnya.
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.