Mengenal Ayam Potong Sehat

Mengenal Ayam Potong Sehat

Sajian berbahan dasar ayam paling mudah ditemukan dalam berbagai variasi olahan, termasuk jenis makanan berbahan ayam yang tidak berbentuk ayam, seperti nugget, sosis, bakso, siomay, hingga kekian. Cita rasa daging ayam luwes dikreasikan. Digoreng, dibakar, ditim, dipanggang, direbus, semuanya lezat. Harganya pun relatif terjangkau dibandingkan daging sapi. Semua kelebihan ini yang membuat menu dari daging ayam nyaris tak pernah absen dari menu keseharian kita.


Jenis ayam yang selama ini dikenal masyarakat ada 2 macam, yaitu ayam negeri (broiler atau ras) dan ayam kampung (ras).  Ayam negeri sengaja diternakkan dan diberi pakan dengan frekuensi yang teratur. Terkadang, pakannya pun diracik khusus agar ayam terpelihara dengan baik. Sedangkan ayam kampung adalah ayam yang dipelihara oleh masyarakat, dipelihara seadanya, dan tidak diternakkan secara khusus. Tak heran jika ukuran daging ayam negeri lebih besar dan tekstur dagingnya lebih lembut ketimbang ayam kampung. Daging ayam kampung cenderung lebih liat atau keras karena umumnya ayam ini bergerak lebih aktif.

 

Selain kedua jenis ayam tersebut, di beberapa supermarket besar belakangan ini dijual varian ayam potong dalam kemasan dengan klaim tertentu, antara lain:

  • Ayam Organik

Selama pemeliharaan, ayam ini sama sekali tidak terkena bahan kimia, termasuk dalam pakannya. Tak hanya diberi pakan organik, saat ayam dipotong dan dibersihkan pun harus menggunakan air dan bahan lain yang bebas bahan kimia. Bahkan, kandangnya pun diletakkan di daerah yang ‘bersih’ dan jauh dari cemaran bahan kimia (tanahnya bebas pestisida). Sertifikat organik menjadi penting untuk diperhatikan saat membeli jenis ayam ini karena klaim organik murni (100% organik) membutuhkan penerapan prinsip dasar organik yang holistik. Klaim organik murni tak bisa digunakan jika ayam hanya bebas bahan kimia pada pakan, tetapi cemaran kimia dari lingkungan sekitarnya masih ada.

 

  • Ayam Probiotik

Ayam ini selama pemeliharaan diberi pakan yang mengandung probiotik, yaitu mikroba baik yang berguna untuk memperbaiki saluran cerna. Mikroba yang biasa ditambahkan adalah jenis bakteri asam laktat seperti yang biasa digunakan untuk membuat yoghurt. Pencernaan ayam yang sehat akan membuat ayam menjadi sehat dan dagingnya pun menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi manusia. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ayam dengan pakan yang diberi probiotik memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan ayam lainnya.

 

  • Ayam Prebiotik

Prebiotik berbeda dengan probiotik. Jika probiotik adalah mikrobanya, prebiotik merupakan makanan untuk mikroba. Ayam dengan klaim prebiotik artinya ayam tersebut diberi pakan yang mengandung karbohidrat kompleks (makanan  bagi probiotik). Pada prinsipnya, prebiotik ini akan meningkatkan kinerja mikroba baik yang secara alami memang ada dalam saluran pencernaan ayam sehingga ayam menjadi lebih sehat.

 

  • Ayam Herbal

Ayam ini diberi pakan yang  ditambahkan rempah-rempah, seperti temulawak, kunyit, jahe, brotowali dan ramuan lain. Tujuannya adalah untuk mengobati sekaligus menyehatkan ayam tanpa penggunaan obat-obat kimia dan antibiotik. Persis seperti tujuan manusia mengonsumsi jamu-jamuan atau obat herbal.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.