3 Manfaat Salmon untuk Kesehatan

3 Manfaat Salmon untuk Kesehatan

Jarang-jarang bisa makan salmon, sehingga tak heran bila banyak orang akan menerimanya ketika diberikan secara cuma-cuma. Salmon memang terkenal dengan kelezatan dan kelembutan dagingnya. Bahkan, tanpa bumbu-bumbuan yang komplit sekalipun, kenikmatan salmon sudah dapat dirasakan.

Selain karena rasanya, tiga manfaat salmon bagi kesehatan berikut ini akan semakin membuat setiap orang jatuh hati untuk memakannya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kelebihan salmon selain tekstur dagingnya yang lembut adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Menurut nutrisionis kenamaan Amerika, Julie Daniluk, salmon mengandung protein khusus yang dinamakan kalsitosin. Protein ini dapat membantu melancarkan proses sintesis kolagen, salah satu zat yang berguna untuk menunjang kepadatan dan kekuatan tulang.

Meningkatkan Daya Pikir

Bukan saja bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, gemar mengonsumsi salmon juga berdampak baik untuk daya pikir. Menurut Julie, 60 persen zat penyusun otak adalah asam lemak, khususnya DHA dalam asam lemak omega-3. Ikan salmon merupakan sumber DHA dan asam lemak omega-3 yang cukup baik. Sering mengonsumsi ikan ini dapat membantu meningkatkan daya pikir menjadi lebih baik.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kehadiran omega-3 dalam salmon tidak hanya bermanfaat untuk daya pikir. Tingginya kandungan omega-3, DHA dan EPA pada salmon, menurut Julie, juga dapat membantu melancarkan proses peredaran darah. Hal ini akan membuat jantung dapat bekerja lebih maksimal, serta tidak mudah mengalami gangguan kesehatan, seperti serangan jantung dan stroke. Menurut American Heart Association, mengonsumsi 8 ons salmon per minggu atau 32 gram salmon per hari, mampu meminimalkan risiko serangan jantung.

Luar biasa bukan kelebihan salmon ini bagi kesehatan? Agar nutrisinya tetap terjaga dan bermanfaat maksimal bagi tubuh, pilihlah salmon yang segar saat membelinya. Cirinya, matanya masih bening, tidak berbau busuk, warna kulit masih mengkilat dan tidak berlendir. Selain itu, usahakan memilih daging yang masih utuh. Jika membeli yang irisan, pastikan terbungkus rapat. Tujuannya agar salmon yang akan dimasak benar-benar masih lengkap nutrisinya. Jika tidak segera dimasak, masukkan salmon ke dalam freezer. (kpl/it)

Sumber:

http://www.chatelaine.com/health/diet/seven-health-benefits-of-salmon-and-a-vitamin-rich-summer-recipe/

http://www.readersdigest.ca/food/healthy-food/health-benefits-salmon/#LM252FPtMUR9wZ0d.97

http://www.livestrong.com/article/48240-serving-size-salmon/

http://www.healthyeating.org/Healthy-Eating/All-Star-Foods/Meat-Beans/Article-Viewer/Article/89/health-benefits-of-tuna-and-salmon.aspx

http://www.shutterstock.com/pic-169643426/stock-photo-fresh-raw-salmon-on-wooden-cutting-board.html?src=NjW7epGyPJpW_ieiVXlTWQ-1-4

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.