3 Menu Umbi-Umbian Pengganti Nasi

3 Menu Umbi-Umbian Pengganti Nasi

Rasanya belum makan jika belum mengonsumsi nasi. Setidaknya ungkapan itu biasa terdengar di kalangan masyarakat Indonesia. Nasi memang sudah menjadi makanan pokok sejak lama, sebagai sumber karbohidrat yang dimakan secara turun temurun. Padahal, nasi termasuk makanan dengan indeks glikemiks tinggi, yang kerap dikaitkan sebagai pemicu datangnya penyakit degeneratif, seperti diabetes.

Sebagai alternatif, sebenarnya ada banyak sumber karbohidrat pengganti nasi dengan kandungan gizi lebih tinggi, serta indeks glikemiks rendah. Sebut saja singkong, ubi manis, dan kentang. Selain karbohidrat, ketiga jenis umbi-umbian tersebut juga kaya beta-karoten yang berguna menjaga kesehatan mata dan kulit.

Di samping itu, dengan banyaknya resep, umbi-umbian tersebut bisa disulap menjadi menu lezat pengganti nasi yang kaya zat gizi. Tiga di antaranya, dapat disimak berikut ini.

Umbi Panggang

Menu umbi-umbian bergizi pertama yang dapat disajikan di rumah adalah Umbi Panggang. Mula-mula,cuci bersih 750gr ubi merah dan 750gr kentang.Lalu, belah menjadi 8 bagian berbentuk wedges, kukus setengah matang, sisihkan. Iris tipis 1 buah bawang bombai dengan bentuk wedges, atur dalam pinggan tahan panas.

Taburi 1 sdt bumbu old bay, ¼ sdt paprika bubuk, 1 sdt bawang putih bubuk, ¼ merica bubuk, serta percikkan 50ml minyak zaitun. Diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap. Kemudian, panggang dalam oven bersuhu 180°C selama 30 menit. Jika ubi dan kentang sudah berwarna kuning kecokelatan dan garing, angkat. Taburi peterseli cincang. Sajikan dengan saus yang terbuat dari campuran 100ml mayones, 100gr keju krim, 1 sdt mustard, ¼ sdt garam, dan 1 sdt gula bubuk. Nikmati selagi hangat.

Sup Soba Ubi

Membuat Sup Soba Ubi tidaklah susah. Campur 250gr mi soba yang sudah direbus dengan 1 sdm minyak wijen sampai rata. Didihkan 1 liter kaldu ayam. Masukkan 200gr ubi kuning yang dipotong melintang setebal ½cm.

Tambahkan 150gr bawang bombai yang diiris tipis dan 1 sdt garam. Masak sampai ubi lunak. Tambahkan 150gr tahu sutera yang sudah dipotong dadudengan ketebalan 1,5cm, 200gr bayam jepang, 150gr wortel iris tipis, dan mi soba. Masak sampai bayam matang, sajikan selagi hangat.

Kentang Panggang Isi Daging

Kreasikan kentang agar menjadi menu umbi-umbian lezat dan bergizi seperti Kentang Panggang Isi Daging ini.Pertama, siapkan isi dengan menumis 1 siung bawang putih cincang halus dan ¼ buah bawang bombai cincang sampai harum. Tambahkan 150gr daging giling, aduk sampai berubah warna.

Masukkan 1 buah sosis yang sudah dipotong-potong, 1 sdm pure tomat, ½ sdt merica halus, dan ½ sdt gula pasir. Masak sampai meresap. Tambahkan ½ batang seledri yang dicincang halus. Aduk rata dan dinginkan. Untuk bahan kulit, aduk 300gr kentang kukus yang sudah dihaluskan dengan 25gr susu bubuk, 1 butir telur, 50gr parutan keju cheddar, ½ sdt garam, ¼ sdt merica bubuk dan ½ sdt pala bubuk.

Campur bahan isi dan bahan kulit jadi satu, aduk rata. Ratakan adonan dalam cupcake aluminium. Siapkan 1 butir kuning telur sebagai olesan dan 15gr panir kasar. Olesi bagian atas adonan dengan kuning telur dan taburi dengan panir kasar. Masukkan dalam oven bersuhu 170°C selama 30 menit. Angkat, dinginkan.

Menu dari umbi-umbian ternyata cukup menarik, kan? Supaya lebih seru, ajak anggota keluarga untuk memasak bersama. Selamat mencoba.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.