4 Pilihan Beras dan Manfaatnya untuk Kesehatan

4 Pilihan Beras dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Nasi adalah makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sampai-sampai ada jargon 'belum makan, jika belum menyantap nasi'. Ada beberapa pilihan beras yang beredar di pasaran untuk memenuhi kebutuhan nasi masyarakat, dengan nilai nutrisi dan manfaat kesehatannya masing-masing. Untuk lebih memahaminya, simak penjelasannya berikut ini.

Beras Putih

Beras yang satu ini memang paling mudah dan umum ditemui di daratan Asia seperti Indonesia, India, Cina, Jepang dan lainnya. Dalam secangkir nasi putih terdapat 205 kalori dan telah memenuhi 10% dari kebutuhan kalori harian, menurut USDA National Nutrient Database. Setiap porsinya mengandung 44,5 gram karbohidrat, namun minim serat, vitamin, dan mineral.

Beras Merah

Beras merah ini sering dijadikan pengganti beras putih saat seseorang sedang menurunkan berat badan. Kalorinya lebih rendah, yaitu sekitar 110 kalori per satu setengah cangkir beras merah masak. Menurut situs livestrong.com beras ini dapat membuat perut kenyang lebih lama karena mengandung 7 gram serat.

Beras merah juga memiliki kandungan vitamin maupun mineral yang penting bagi kesehatan. Seperti vitamin B yang membantu metabolisme energi, mendukung fungsi otak, dan memicu pembentukan sel darah. Sedangkan magnesium, fosfor, dan kalsium yang terkandung di dalamnya menjaga tulang tetap kuat dan menyehatkan jantung.

Beras Hitam

Beras hitam memang kurang popular dibandingkan jenis beras lainnya, karena harganya yang cukup mahal. Padahal ada begitu banyak manfaat kesehatan yang tersimpan di dalamnya. Sebanyak ¾ cangkir atau sekitar 170 gram nasi hitam mengandung 160 kalori. Sebagian besar kalorinya berasal dari 31 gram karbohidrat komplek, 2 gram serat, dan 1 gram gula.

Tapi, yang membuat nasi hitam unggul adalah adanya anthocyanin, pigmen warna ungu yang bertugas melindungi tubuh dari kerusakan sel. The US Department of Health & Human Services menyatakan beras hitam juga menjadi sumber antioksidan, yaitu antosianin dan vitamin E. Selain baik bagi kulit, antioksidan ini juga berperan menurunkan risiko terkena kanker.

Beras Pecah Kulit (Brown Rice)

Bagi yang bertekad ingin mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, beras pecah kulit ini wajib dikonsumsi sehari-hari. Beras jenis ini sebenarnya merupakan beras putih yang masih mengandung bekatul serta kulit ari. Manfaatnya banyak, bekatul dan kulit ari memiliki banyak nutrisi, mineral, vitamin, dan serat yang kaya sehingga rendah pati dan kalori, namun kaya serat larut dan lemak esensial.

Teksturnya terlihat kasar dan memiliki warna kusam. Tampilannya kurang menarik dibanding jenis beras lainnya. Sebaiknya, jangan mencuci beras ini terlalu bersih agar tidak merusak lapisan bekatul dan kulit arinya yang mengandung banyak nutrisi.

Pilih jenis beras yang sesuai dengan kebutuhan dan manfaat kesehatannya. Selamat memasak!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.