5 Jenis Ikan yang Kaya Omega 3

5 Jenis Ikan yang Kaya Omega 3

Bagi sebagian masyarakat, daging dianggap sebagai sumber makanan bergizi. Ketika stok daging berkurang atau harganya tidak terjangkau untuk dibeli, masyarakat pun memunculkan persepsi jika makanan tanpa daging yang dimakan tidak lebih bergizi. Padahal, masih banyak makanan lain yang tidak kalah bergizi dengan daging, seperti ikan misalnya.

Menurut Sandhya Pruthi, MD, dari Mayo Clinic Foundation, ikan kaya kandungan nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah asam lemak omega 3. Nutrisi ini memiliki manfaat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan menunjang perkembangan otak si kecil. Omega 3 dapat ditemukan dengan mudah pada beberapa jenis ikan sebagai berikut.

Salmon

Ikan pertama yang kaya kandungan omega 3-nya adalah salmon. Ikan ini memiliki tekstur daging sedikit kasar dan sering disajikan sebagai hidangan premium. Setiap 85 gram salmon mengandung 1,5 gram omega 3.

Sardine

Sardine sering ditemukan dalam bentuk kemasan. Menyerupai tuna, namun memiliki ukuran lebih kecil dan panjang. Setiap 85 gram sardine rata-rata menghasilkan omega 3 sebanyak 1,5 gram.

Tuna

Tuna mendominasi komoditas ikan laut dunia. Selain banyak varian, juga memiliki harga yang relatif terjangkau jika dibandingkan dengan salmon. Setiap 85 gram tuna mengandung omega 3 sebanyak 1,6 gram.

Makarel

Di Indonesia ikan makarel jarang dikonsumsi, oleh karena habitat hidupnya di Samudera Atlantik. Namun, bukan berarti sulit menemukannya. Di beberapa supermarket, ikan makarel dijual dalam bentuk kemasan seperti sardine. Ikan ini mampu menyumbang omega 3 sebanyak 2,6 gram per 85 gram beratnya.

Lele

Ikan ini mungkin hampir menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat Indonesia. Kendati tidak hidup di laut, ikan lele rupanya juga mengandung omega 3. Setiap 85 gramnya, mengandung omega 3 sebanyak 0,3 gram.

Kini tak perlu lagi khawatir dengan harga daging yang sering naik, bukan? Masih ada makanan pengganti yang tidak kalah bergizi, seperti ikan. Termasuk nutrisi berupa omega 3 yang mungkin tidak dijumpai dalam daging. Mulailah menyajikan aneka ragam olahan ikan secara teratur dalam daftar menu harian. Olah dengan beragam jenis masakan agar keluarga bisa menyantapnya dengan lahap saat jam makan tiba. (kln/it)

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.