7 Tips Merawat Pisau Dapur

7 Tips Merawat Pisau Dapur

Pisau dapur adalah salah satu peralatan yang sudah pasti tersedia di setiap rumah. Tak jarang dalam satu rumah memiliki pisau lebih dari satu. Ada berbagai macam jenis pisau dengan ketebalan mata pisau yang beragam pula.

  1. Agar pisau terjaga ketajamannya, berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui terkait cara merawat pisau seperti dikutip dari wikihow. Sediakan tempat tersendiri untuk menyimpan pisau, seperti laci khusus.
  2. Cuci segera pisau setelah digunakan, terutama setelah memotong bahan yang mengandung asam untuk menjaga warna mata pisau agar tidak cepat berubah. Agar pisau tidak cepat tumpul, keringkan pisau sebelum disimpan.
  3. Asahlah pisau secara rutin. Jika sudah tumpul, coba asah pisau dengan batu asahan atau cobek.
  4. Gunakan talenan yang terbuat dari kayu atau plastik. Talenan yang terbuat dari kaca, keramik, atau marmer lebih mudah merusak ujung pisau.
  5. Jika mengasah pisau dengan batu pengasah, usahakan dengan gerakan searah. Misalnya, jika arah pertama ke bawah maka berikutnya juga harus mengarah ke bawah. Karena jika berlainan arah, pisau justru akan menjadi tumpul.
  6. Jika pisau tidak dipakai dalam jangka waktu lama, setelah dicuci dan dilap kering, olesi dengan minyak goreng tipis-tipis, lap dengan tisu dan bungkus pisau dengan tisu dapur.

Meskipun terdengar sepele, merawat dan menjaga ketajaman pisau akan membantu Anda berhemat karena tak perlu terlalu sering membeli pisau baru.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.