Ajari Si Kecil Kebiasaan Makan Sehat Saat Libur

Ajari Si Kecil Kebiasaan Makan Sehat Saat Libur

Biasanya saat libur sekolah, para orangtua memberikan kelonggaran bagi si kecil untuk memakan apa saja yang diinginkan. Padahal cara ini dapat meningkatkan berat badan, mudah stres dan lelah, serta rentan terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuh menurun. Yuk, hindari hal-hal tersebut dengan mengajarkan kebiasaan makan sehat, seperti berikut ini.

Wajibkan Sarapan

Sarapan tidak hanya memberikan tenaga untuk menjalani kegiatan sepanjang hari dan menjaga mood tetap baik, tapi juga mencegah si kecil makan berlebihan karena terlalu lapar, seperti yang dijelaskan Andrea Hart, RD, CDN pada situs sparkpe.org. Tawarkan hidangan yang tidak terlalu berat, seperti sereal dengan topping buah-buahan, omelet, atau smoothie pisang dan yogurt.

Berikan Contoh

Si kecil selalu menjadikan gerak-gerik orangtuanya sebagai panduan dalam bersikap. Gunakan kesempatan ini untuk mengajarkannya kebiasaan makan sehat, dengan ikut mengonsumsi buah dan sayuran. Sajikan sebagai kudapan, atau olah menjadi camilan favorit sang buah hati, seperti kue kering, muffin, bahkan es krim.

Porsi Makan Lebih Sedikit

Saking banyaknya sajian yang ada di atas meja makan, si kecil jadi ingin mencoba semuanya. Ingatkan untuk mengambil makanan dalam porsi kecil, agar anak tidak terbebani untuk menghabiskannya dan tidak memicu kebiasaan makan berlebihan. Jangan lupa untuk membantunya memilih makanan yang ingin dicoba, dan tempatkan dalam piring berukuran kecil.

Kurangi Minuman Manis

Minuman segar bercitarasa manis sering jadi incaran anak-anak karena enak dan menyegarkan. Akan tetapi, kebanyakan minuman dingin tersebut mengandung soda atau gula tinggi. Andrea menyarankan untuk memilih alternatif minuman yang lebih sehat, misalnya jus buah asli, yang kaya akan vitamin dan mineral.

Hindari Fast Food

Biasanya, untuk menyenangkan hati, tersedia makanan siap saji kesukaan anak-anak. Padahal kandungan lemak dan kalorinya yang cukup tinggi kurang berdampak baik bagi kesehatannya. Ajarkan si kecil untuk menghindari fast food dan lebih memilih sajian yang mengandung banyak sayuran, protein, dan lemak sehat, yang membantu menunjang pertumbuhannya.

Walau sedang dalam libur sekolah, bukan berarti kebiasaan makan sehat juga dilupakan lho. Ajarkan pada si kecil untuk membuat keputusan yang lebih baik bagi kesehatannya.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.