Apa Sih Beda Mentega Dan Margarin?

Apa Sih Beda Mentega Dan Margarin?

Dari segi tampilan, mentega(butter) dan margarin terlihat sama dan serupa. Namun sebenarnya kedua bahan ini berbeda lho, baik tekstur, rasa, dan bahan pembuatnya. Yuk cari tahu perbedaannya!

Mentega

Mentega lahir lebih dulu dibandingmargarin. Bahan makanan ini dibuat dari lemak susu sapi yang diolah sedemikian rupa hingga terbentuk krim. Nah, ketika diproses kumpulan lemak ini akan mengalami penumpukan sehingga membentuk lapisan tebal dan jadilah mentega. Kadang, ditambahkan garam supaya rasanya makin sedap (salted butter). Namun ada juga yang lebih suka mempertahankan rasa asli lemak susu sapi (unsalted butter).

Mentega penuh sesak dengan lemak jenuh dan kolesterol alami dalam jumlah besar. Mentega banyak dipakai dalam berbagai masakan dan produk baking. Rasanya yang creamy dan beraromakhas mengundang rasa penasaran untuk mencicipi hidangan yang disajikan.

Margarin

Pada tahun 1869, margarin mulai banyak digunakan sebagai pengganti mentega. Awalnya, margarin dibuat dari lemak susu sapi juga. Tapi pada abad ke -20 formulanya dimodifikasi menggunakan minyak nabati sehingga kolesterolnya jauh lebih sedikit. Meski begitu, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya terlalu banyak karena bisa mengganggu kesehatan.

Cara Menyimpan

Margarin bisa bertahan lebih lama kalau diletakkan di suhu ruangan. Tapi keduanya harus tetap disimpan dalam lemari pendingin supaya keawetannya tetap terjaga. Kalau urusan harga, masing-masing tergantung merek dan kualitas yang Anda pilih.

Mentega atau margarin, keduanya sama-sama punya kemampuan dalam melezatkan makanan. Keputusan untuk pilih yang mana, semua terserah pada Anda. Selamat memasak ya!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.