Cara Terbaik Memilih dan Mengolah Sayuran untuk Salad

Cara Terbaik Memilih dan Mengolah Sayuran untuk Salad

Salad adalah salah satu menu yang sering menjadi pilihan saat menjalani diet sehat. Kelihatannya mungkin sepele, tapi mengolah salad ternyata memerlukan trik khusus. Hal ini sangat penting agar mendapatkan kandungan nutrisi yang maksimal sekaligus membuat rasanya tetap lezat disantap. Perhatikan tips memilih dan mengolah sayuran untuk salad berikut.

Sayuran Hijau untuk Salad

Salad umumnya didominasi oleh sayuran hijau. Namun, jenis sayuran hijau mana yang memiliki kandungan nutrisi paling tinggi? Dilansir dari situs www.bodybuilding.com, sebuah penelitian ternyata menemukan bayam sebagai sayuran hijau yang paling baik untuk salad. Sayuran ini mengandung vitamin A, K, kalsium dan zat besi dalam jumlah yang sangat tinggi. Tapi, jangan lupa kombinasikan juga dengan sayuran lainnya agar asupan nutrisi untuk tubuh makin maksimal.

Sayuran Berdaun Gelap Lebih Sehat

Selada merupakan salah satu sayuran yang sering digunakan untuk salad. Tapi, kandungan gizi selada berdaun hijau cerah ternyata masih kalah jauh dengan selada yang berdaun gelap. Kandungan antioksidannya yang tinggi sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Pikirkan Juga Bahan yang Lain

Salad tidak hanya berisi sayuran hijau, lho. Dalam semangkuk salad juga bisa ditambahkan buah-buahan kering, roti gandum, buah segar, dan lainnya. Jadi, kandungan gizi dalam makanan ini bisa lebih optimal. Semakin banyak warna buah dan sayur yang ada dalam salad, semakin lengkap kandungan gizinya.

Pastikan Sayuran yang Digunakan Sudah Kering

Jika salad buatan terasa hambar, mungkin cara persiapannya kurang tepat. Setelah dicuci, pastikan sayuran ditiriskan hingga kering. Sayuran yang basah kurang optimal menyerap dressing yang ada sehingga rasanya cenderung hambar.

Potong-Potong Sayuran dan Bahan Lainnya

Sayuran yang sempurna untuk salad adalah yang memiliki potongan pas dan mudah dimakan. Memang, memotong sayuran membutuhkan waktu yang cukup banyak. Tapi, jika hasilnya memudahkan untuk dikonsumsi, bisa memberikan nilai tersendiri. Menikmati salad buatan sendiri pun jadi lebih maksimal.

Teknik Dressing yang Tepat

Sebelum menyajikan salad, berikan sedikit saja dressing pada bahan yang sudah ada sebelum disajikan. Pastikan jangan terlalu banyak, karena sayuran dan bahan lainnya cepat layu ketika disantap yang membuat rasanya kurang nikmat. Cara ini penting supaya dressing yang digunakan bisa menyerap dengan baik pada sayuran yang disajikan.

Salad buatan sendiri bisa semakin maksimal jika mengetahui teknik pengolahan yang tepat. Saatnya mencoba tips ini di rumah!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.