Cerita Pasta

Cerita Pasta

Siapa yang tak kenal pasta? Hidangan asal Italia ini begitu terkenal hingga ke seluruh dunia. Saking populernya, oleh pakar pasta dunia, tanggal 25 Oktober ditetapkan sebagai Hari Pasta sedunia. Hampir setiap daerah di Italia punya hidangan khas olahan pasta. Jika di negara lain lebih banyak ditemukan pasta dalam bentuk kering, di Italia hampir setiap dapur rumah tangga membuat sendiri pasta segar (fresh) secara tradisional.

Pasta terbuat dari tepung gandum utuh, air, telur, dan garam yang diuleni menjadi adonan yang elastis dan bisa dibuat menjadi aneka bentuk. Pasta segar dibuat secara manual dan tidak tahan lama sehingga biasanya dibuat langsung saat akan disantap. Pasta kering dibuat menggunakan mesin dalam skala pabrik. Pasta kering masa simpannya bisa mencapai hingga tiga tahun.

Kata pasta adalah sebutan generik untuk satu jenis makanan tapi memiliki jumlah varian yang sangat banyak dan dapat diolah menjadi beragam sajian. Berikut beberapa jenis pasta yang ada berdasarkan kategori bentuknya:

  • Long Pasta
    Pasta bentuk panjang. Jenis yang populer dalam kategori long pasta di antaranya: Spaghetti (berbentuk panjang dan lurus), Vermicelli (tipis kurus seperti cacing), Angel Hair (lebih tipis dari spaghetti), Long Fusilli (seperti mi panjang)
  • Ribbon Cut Pasta
    Pasta bentuk potongan pita. Di antaranya ada Fettuccine (berbentuk panjang pipih dengan lebar 6mm), Linguine (lebih lebar dari spaghetti tapi pipih), Lasagna (lembaran lebar berbentuk persegi), Tagliatelle (sedikit lebih tipis dari fettuccine).
  • Short Cut Pasta
    Pasta ukuran kecil dengan aneka bentuk. Contohnya Fusilli (berbentuk spiral), Rigatoni (seperti tabung dengan sisi luar bergerigi), Macaroni (kecil, berlubang tengah, berbentuk melengkung), Penne (bentuk tabung dengan ujung dipotong diagonal).
  • Decorative Pasta
    Pasta ukuran kecil dengan aneka bentuk unik dan spesifik. Jenisnya antara lain, Farfale (sepeti dasi kupu-kupu dengan tepi bergerigi), Rotelle (berbentuk roda), Conchiglie (bentuk kerang).
  • Stuffed Pasta
    Pasta dengan isi. Jenisnya ada Ravioli (berbentuk kantung dengan isi di bagian tengah), Cannelloni ( berbentuk pipa besar), Tortellini (bentuknya seperti cincin).

Ibarat nasi, pasta memilki karakter yang luwes dipadukan dengan aneka bumbu dan bahan. Bisa dengan bumbu pedas, gurih, aromatik, gurih, ataupun manis. Ayam, daging, sayur, seafood , keju semua klop dengan pasta. Tak heran, hampir setiap juru masak memiliki kreasi olahan pasta sendiri. Meski variasi olahan pasta sangat tak terbatas tegantung kreasi si juru masak, namun ada beberapa olahan pasta klasik yang sangat populer hingga ke seluruh dunia.

  • Fettucine Alfredo
    Pasta fettuccine dimasak dengan saus dari campuran krim kental, keju parmesan, susu, dan mentega.
  • Spaghetti Bolognese
    Bisa dibilang merupakan olahan pasta yang paling populer. Pasta spaghetti dengan saus dari campuran daging cincang, tomat, dan rempah daun khas Italia.
  • Pesto
    Saus aromatik yang diracik dari basil segar, keju parmesan, pine nut, dan minyak zaitun. Rasanya unik gurih, lezat dan cocok dipadukan dengan beberapa jenis pasta.
  • Spaghetti Carbonara
    Spaghetti bersiram saus lembut dari campuran kuning telur, mentega dan irisan daging asap.
  • Lasagna
    Pasta lasagna yang terdiri dari lapisan saus daging dan tomat serta lapisan saus putih dan keju.
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.