Dahsyatnya Omega 3 Untuk Tubuh

Dahsyatnya Omega 3 Untuk Tubuh

Salmon, sardin, daging merah, biji-bijian hingga kedelai merupakan sedikit di antara berbagai jenis makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Banyak ulasan mengenai asam lemak omega-3 ini. Namun, sebenarnya apakah semua paham tentang omega-3 beserta kegunaannya?

Meski namanya asam lemak, namun omega-3 berbeda dengan lemak jenuh dalam makanan. Omega-3 merupakan kumpulan dari asam lemak tak jenuh ganda yang baik bagi kesehatan. Termasuk di antaranya lemak esensial EPA (Eicosapentaenoic Acid) dan DHA (Docosahexanoic Acid) yang bisa ditemukan dalam ikan, juga ALA (Alpha-linolenic Acid) yang ada di dalam tumbuhan.

Karena tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak ini, maka kita harus mendapatkan asupannya dari luar, yakni melalui makanan. Selain ikan, beberapa makanan lain juga disarankan untuk dikonsumsi adalah susu, keju, tahu, brokoli, bayam, rasberi, daun bawang, juga bok coi. Rutin mengonsumsinya dalam porsi yang wajar akan lebih baik dibandingkan jika mengonsumsi dalam jumlah besar sekaligus dalam satu waktu.

Tidak bisa disepelekan, omega-3 memang memberikan banyak kebaikan untuk tubuh. Antara lain menurunkan kolesterol, mendukung perkembangan penglihatan dan saraf pada balita, mengatasi masalah kelainan mental, hingga melindungi otak dari ancaman terserang alzheimer. Tidak hanya anak-anak saja, bahkan hingga tua pun manusia tetap membutuhkan asupan omega-3 ini. Meskipun memiliki manfaat yang baik, tapi tentu saja sebaiknya dikonsumsi dua hingga tiga kali per minggu saja.

Bagi ibu yang sedang hamil memang tidak disarankan mengonsumsi makanan laut, karena dikhawatirkan terpapar zat merkuri. Namun, tak perlu khawatir, karena minyak ikan kini pun sudah banyak disediakan dalam bentuk suplemen.

Yuk, mulai konsumsi omega-3 mulai sekarang!

 

Sumber:

http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=nutrient&dbid=84

http://health.howstuffworks.com/wellness/food-nutrition/facts/benefits-of-omega-3.htm

http://www.webmd.com/healthy-aging/omega-3-fatty-acids-fact-sheet

http://www.greenmedinfo.com/blog/61-health-benefits-omega-3-fatty-acids

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.