Fakta Manfaat Makanan Berwarna Hitam Berbahan Arang

Fakta Manfaat Makanan Berwarna Hitam Berbahan Arang

Belakangan ini, sepertinya muncul tren menampilkan makanan berwarna hitam. Mulai dari roti hotdog, burger, frozen yogurt, hingga cendol hitam. Tren ini sendiri sebenarnya mulai beredar dari Jepang. Sebelum tersebar ke seluruh dunia, di Negeri Sakura gerai burger dengan roti warna hitam sudah lebih dulu jadi trending.

Namun, buat yang merasa ragu dengan warna hitam pada makanan, tak perlu khawatir berlebihan. Warna hitam dari arang, baik yang berasal dari bambu, kayu atau jerami, ternyata mengandung manfaat yang perlu diketahui faktanya.

Natural Activated Charcoal

Menurut Jansen Ongko, Msc, RD, selaku ahli gizi, menyebutkan jika natural activated charcoal punya pori yang efektif mengikat racun dan zat kimia. Misalnya saja, sianida, asam lemak, formalin,  , racun tanaman, obat-obatan, botox, hingga merkuri.

Bermanfaat untuk Detoksifikasi

Lebih jauh, natural activated charcoal ini justru dapat membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh. Dr. Karin Wiradarma, ahli kesehatan dari klik dokter, menegaskan jika zat tersebut aman karena tidak dapat diserap oleh tubuh. Dengan begitu, tak sampai meninggalkan residu di dalam tubuh sebagaimana yang biasa terjadi pada pewarna sintetis.

Sebagai bukti natural activated charcoal tidak terserap tubuh, usai mengonsumsi makanan yang berwarna hitam, maka feses pun biasanya berwarna senada. Bila warnanya berbeda, itu menandakan ada campuran pewarna lain dalam makanan tersebut.

Dapat Mengatasi Kembung

Selain detoksifikasi, natural activated charcoal juga bermanfaat untuk menurunkan gas dalam saluran pencernaan. Peningkatan massa gas ini kerap menyebabkan kembung. Bahkan, lebih jauh zat ini dapat menjadi obat diare.

Waktu yang Tepat Mengonsumsinya

Efektivitas natural activated charcoal dalam proses detoksifikasi bergantung pada banyaknya zat racun yang masuk ke tubuh. Zat racun seperti timbal, besi, dan alkohol, akan diserap lebih lama oleh natural activated charcoal. Guna mengoptimalkan fungsinya, konsumsi makanan yang mengandung arang 3 jam setelah jam makan utama.

Hal yang perlu diingat, mayoritas makanan berwarna hitam atau yang mengandung natural activated charcoal adalah tinggi kalori. Akan lebih baik bila konsumsinya tidak berlebihan.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.