Hilangkan Karat dari Peralatan Stainless Steel Itu Mudah

Hilangkan Karat dari Peralatan Stainless Steel Itu Mudah

Karat pada peralatan stainless steel selalu jadi musuh para ibu rumahtangga. Makanan gosong dan cara menyimpan yang kurang tepat bisa menyebabkan timbulnya karat. Jika tidak kunjung dibersihkan, makanan bisa tercemar kuman yang ada pada karat lho. Untuk menghindarinya, pakai cara mudah berikut ini.

Gunakan Cuka
Cuka memang selalu jadi ratunya bersih-bersih masalah dapur.Tuangkan cuka pada peralatan stainless steel yang berkarat, lalu gosok hingga karat memudar. Jika noda masih membandel, rendam dulu peralatan masak dengan air cuka, baru digosok menggunakan sabun ketika noda mulai mengelupas. Mudah bukan? Anda tidak perlu menggunakan bahan kimia.

Air lemon dan baking soda
Buatlah pasta dari campuran air jeruk lemon dan soda kue dengan perbandingan 1 : 1, misal 2 sdt air jeruk lemon dan 2 sdt soda kue. Oleskan pasta pada bagian yang berkarat, diamkan selama 15-30 menit, setelah itu gosok menggunakan spons. Saat peralatan stainless steel berkarat karena masakan yang gosong, lebih baik langsung rendam menggunakan air dan bersihkan menggunakan air lemon dan soda kue agar tidak terburu kering dan sulit dihilangkan.

Cream of tartar
Bahan pembuat kue ini ampuh untuk menghilangkan noda karat pada stainless steel. Campurkan cream of tartar dengansedikit air, lalu gosok pada bagian stainless steel yang berkarat menggunakan spons. Noda karat pasti menghilang dengan mudah. Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan sedikit larutan hidrogen peroksida saat membersihkan noda karat.

Gunakan pembersih noda lemak
Sudah direndam lama, karat gosong tak kunjung hilang? Ganti sabun cuci piring menggunakan produk khusus pembersih lemak untuk oven. Caranya, oleskan pembersih pada karat, kemudian diamkan selama 5 menit agar residu karat yang menumpuk segera hancur. Setelah itu, gosok perlahan dan bilas menggunakan air hangat.

Sangat mudah, kan? Kini, Anda tidak perlu lagi repot jika peralatan dapur mengalami karat karena gosong atau cara penyimpanan yang kurang tepat. Selamat mencoba tips di atas, ya.


Sumber:
http://www.stylemepretty.com/living/2010/11/10/removing-rust-from-stainless-steel/ http://www.thekitchn.com/quick-tip-removing-rust-spots-152829

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.