Ini Dia Rahasia Hasilkan Santan Lebih Banyak

Ini Dia Rahasia Hasilkan Santan Lebih Banyak

Di Indonesia ada banyak sekali makanan lezat yang menggunakan santan dalam proses pembuatannya. Sebut saja Opor Ayam, Gulai Kambing, dan masih banyak lagi.  Membuat santan juga tergolong mudah karena bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan alat canggih. Nah, supaya santan yang dihasilkan lebih banyak, yuk simak triknya berikut ini!

Pakai kelapa parut segar

Kelapa parut segar kandungan air di dalamnya masih sangat banyak sehingga santan yang dihasilkan juga melimpah. Selain itu, rasanya juga lebih gurih. Kalau Anda memakai kelapa yang sudah berumur maka bisa dipastikan santan yang dihasilkan lebih sedikit dan rasanya tidak seenak yang masih segar.

Air hangat

Memeras kelapa parut dengan air hangat jauh lebih efektif dibandingkan air dingin.  Tuang kelapa parut dalam saringan santan kemudian guyur dengan air hangat beberapa kali, peras sampai parutan benar-benar kering. Ulangi proses ini sampai tidak ada lagi sari yang dikeluarkan.

Santan homemade ini lebih sehat lho karena bebas dari bahan kimia dan pengawet. Maka dari itu, waktu penggunaannya pun terbatas yaitu 3-4 hari saja. Lebih dari itu, santan akan basi dan pecah sehingga tidak bagus kalau Anda memaksa menambahkannya dalam masakan. Untuk itu, ada baiknya segera dipakai ya! Selamat memasak.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.